Makassar Raih PPKM Award 2023

Makassar raih PPKM Award 2023. Diserahkan langsung oleh Presiden joko Widodo.(DOK)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Pemerintah Indonesia memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot_ Makassar karena dinilai berhasil dalam pengendalian Covid-19.

Melalui PPKM Award 2023, Pemkot Makassar meraih piagam penghargaan terbaik III kategori pengendalian pandemi Covid-19 untuk wilayah Sulawesi.

Penghargaan itu diserahkan langsung Presiden Joko Widodo kepada Sekda Makassar M Ansar di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Kepala Pelaksana BPBD Kota Makassar Achmad Hendra Hakamuddin turut mendampingi Sekda M Ansar dalam penerimaan PPKM Award 2023.

Hendra mengatakan penghargaan ini merupakan bukti bahwa inovasi atau program Makassar Recover dari Pemkot berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

“Penilaian pemerintah pusat melalui award ini melegitimasi bahwa apa yang telah kita lakukan selama PPKM kemarin, khususnya Makassar Recover dipandang baik oleh pemerintah pusat,” kata Hendra Hakamuddin, Selasa (21/03/2023).

Hendra menyampaikan ada beberapa indikator penilaian dari PPKM Award 2023. Pemkot Makassar sebagai terbaik III se-Sulawesi.

Penilaiannya, mulai dari administrasi seperti dokumentasi pemberkasan, baik itu berupa SK maupun surat edaran yang sudah dikeluarkan pemerintah kota selama pandemi Covid-19.

Termasuk inovasi atau program yang dijalankan dalam hal mengendalikan pandemi Covid-19 melalui program Makassar Recover.

Dalam hal pengendalian Covid-19, melalui program ini, pemerintah kota menurunkan tiga satgas dengan tugas yang berbeda-beda. Masing-masing Satgas Raika, Covid Hunter dan Tim Detector.

“Pemberkasan itu kemudian divalidasi oleh Tim Independen. Bentuk validasinya dalam bentuk wawancara dimana pak wali langsung yang menjelaskan. Pada saat itu beliau lagi ada di Singapura,” jelas Hendra. (*/rls)

Pos terkait