Mahasiswa Desak Aparat Periksa Yasir Mahmud Terkait Dugaan Penggunaan Anggaran PT SCI

Dirut PT SCI Perseroda Sulsel).(DOK)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –— Kinerja Direksi PT Sulsel Citra Indonesia (PT.SCI) Perseroda dikritisi oleh mahasiswa.  Pengelolaan anggaran jadi sorotan. Aparat penegak hukum (AH) didesak segera memeriksa Diredmktur Utama Yasir Mahmud . DPRD dan Gubernur Sulsel juga diminta turun tangan melakukan evaluasi.

Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Mahasiswa Menggugat (APMM) Sabtyu (27/5/2023) turun ke jalan. Mereka malakukan aksi di depan kantor Gubernur. Aksi ini terkait dugaan penggunaan dan pemanfaatan anggaran, khususnya di Latanete Plaza.  Jajaran direksi PT CSI Perseroda yang dipimpin Yasir Mahmud sebagai Direktur Utama diduga menerapkan sistem kerjasama dan tata kelola keuangan tidak akuntabel dan tidak transparan

Bacaan Lainnya

“Kami meminta aparat penegak hukum agar memeriksa seluruh Direksi PT. SCI Perseroda Sulsel,  khususnya Direktur Utama, Yasir Mahmud karena diduga sistem kerja sama dan tata kelola keuangan serta penggunaan anggaran tidak akuntebel dan transparansi,” pekik jendral lapangan APMM, Takbir.

Takbir menegaskan agar Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman harus segera mengeluarkan aturan untuk melakukan pembatasan kewenangan dan tugas PT. SCI Perseroda Sulsel.

“Kami juga mendesak aparat penegak hukum (APH) untuk mengusut aset Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang di kelolah oleh PT. SCI. Sebab diduga terindikasi melakukan tindakan praktek Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) dalam penggunaan dan pemanfaatan anggaran, khusunya di Lantaneta Plaza,” ungkap Takbir.

Para aktivis ini juga meminta Yasir Mahmud segera mundur sebagai Direktur Utama. “Kami minta untuk segera mundur. Sebab Yasir Mahmud saat ini sudah berstatus sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg). Ini telah melanggar aturan dan potensi yang diduga menggunakan uang negara dalam melakukan sosialisasi sebagai Bacaleg,”tegas Takbir, Sabtu, (27/05/2023).

Ia juga menegaskan untuk segera menghentikan politisasi dan rangkap jabatan pada tubuh Perseroda Sulawesi Selatan. Takbir mengancam akan menurunkan massa yang jauh lebih besar jika tuntutan mereka tidak dipenuhi.

“Ketika tuntutan kami tidak ditindaklanjuti, seakan melakukan pembiaran, maka kami dari Aliansi Pemuda Mahasiswa Menggugat akan menggelar aksi besar-besaran,” teriak Takbir.

Yasir Mahmud yang juga menjabat sebagai Ketua KONI Sulsel ini  ditunjuk jadi Dirut PT CSI Perseroda Sulsel menggantikan Taufik Fachrudin. Adik ipar Nurdin Abdullah mantan GFubernur SUlsel yang kesandung masalah hukum itu telah wafat.  Sebelum meniggal pada Juli 2021 lalu melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS LB) yang digelar di Hotel Grand Sayang, Jumat (2/7/2021).

Sementara itu Yasir Mahmud yang dikonfirmasi Senin (29/5/2023) tak merespon sejumlah pertanyaan INFOSULSEL,COM yang dikirim via pesan WhatsApp (WA). (tim)

Pos terkait