F-NIB Soroti Ranperda RPJPD Kota Makassar

Syamsuddin Raga

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR | Fraksi Nurani Indonesia Bangkit (NIB) menyoroti Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kota Makassar.

‘’Ranperda harus menyerap aspirasi semua kepentingan,’’ tegas Syamsuddin Raga yang mewakili Fraksi NIB pada  rapat paripurna pemandangan umum fraksi-fraksi, Selasa (28/05/20240.

Bacaan Lainnya

Fraksi NIB mempertanyakan empat hal dan memberikan satu saran. Salah satu yang dipertanyakan tujuan kebijakan dan strategi pembangunan daerah yang efektif dan efisien yang diwujudkan melalui rencana RPJPD Makassar tahun 2025 tahun 2045.

NIB menyarankan agar Pemkot Makassar melibatkan semua pihak yang relevan. Termasuk seluruh perangkat daerah, tokoh masyarakat, organisasi provinsi dan semua pemangku kepentingan, agar menghasilkan Ranperda yang mencerminkan aspirasi dan partisipasi masyarakat.

‘’Ini agar dapat menghasilkan dokumen Ranperda RPJD tahun 2025 tahun 2045 yang mencerminkan aspirasi dan partisipasi masyarakat,” tegas Syamsuddin.

Ia juga mempertanyakan formulasi dan prioritas utama Pemkot Makassar dalam melaksanakan dan implementasi Ranperda RPJD tahun 2025 – 2045.

“Kegiatan penataan ruang berkaitan juga dengan perencanaan pembangunan. Oleh karena itu dokumen yang dihasilkan dari kegiatan penataan ruang dan perencanaan pembangunan ditunjukkan untuk memprediksi kegiatan yang akan dilakukan dimasa mendatang,” ujarnya.(*)

Pos terkait