Dewan Tolak Rencana Bapenda Ambil Alih Pengelolaan Parkir Minimarket

INFOSULSEL.com, MAKASSAR-– Wakil Ketua Komisi B, Bidang Ekonomi DPRD Makassar,Iqbal Djalil menolak rencana Pemerintah Kota Makassar melalui Badan Pendapatan Daerah(Bapenda) untuk mengambil alih pengelolaan parkir pelataran di minimarket.

Perlu alasan yang kuat dan rasional dari Bapenda jika pengelolaan parkir pelataran minimarket diambil alih dari PD Parkir. Apalagi kata Ije sapaan akrab Iqbal Djalil Bapenda pun belum bisa secara maksimal mengelolan sumber potensi pajak selama ini.

Bacaan Lainnya

“Emangnya Bapenda itu sudah becus dan sukses mengurus dan menarik pajak, sehingga dengan gampang mau mengambil alih pengelolaan parkir. Itu cuma akal-akalan saja. Kalau saya tidak setuju hanya karena alasan PD Parkir tidak efektif mengelola retribusi parkir pelataran minimarket lalu tiba-tiba mau diambil alih,”terang legislator dua periode itu, Kamis (27/07).

Penarikan dan pengawasan pajak yang dilakukan Bapenda kata Ije pun masih kalang kabut. Harusnya apa yang menjadi tupoksi kerja Bapenda yang ada sekarang, itu yang lebih dimaksilkan. Ketimbang kata Ije menambah tugas baru yang juga belum tentu maksimal hasilnya.

“Laporan Bapenda soal pajak dan segala macam retribusi sejauh ini belum maksimal seperti yang dilaporkan ke komisi B, mengapa mau menambah beban lagi.”terangnya.

Meski ada kenaikan Pendapatan Asli Daerah(PAD) saat ini, namun menurut Ije kenaikan tersebut belum sesuai dengan potensi pendapatan yang seharunya bisa masuk di kas daerah.

“Harusnya kenaikannya bisa lebih besar lagi, kerena potensi bisa terserap belum sebanding dengan yang masuk di kas daerah. Lebih baik itu dulu yang Bapenda fokusi untuk dimaksimalkan,”katanya.

Lanjur Ije, Komisi B sebagai mitra kerja dari Perusda di Makassar akan menjadi kewalahan bila ada pemisahan seperti itu, apalagi kalau sfesifiksinya hanya pelataran mini market saja.”Kami di komisi akan susah mengevaluasinya, yang mana wewenangnya siapa dan apa,”tegansya.

Ije menegaskan jika Bapenda ingin mengambil alih pengelolaan parkir pelataran minimarket, lalu apa gunanya PD Parkir dibentuk.”Mengapa harus ada dua institusi yang menagani perparkiran. yah kalau mau hapus saja PD Parkir baru semua retribusi parkir diambi alih bapenda,”tutupnya.

 

 

Penulis: Sabri

Editor : Anwar

 

 

 

Pos terkait