SYL : JK Energi Pendidikan Sulsel

*E-Panrita Centre dan Gedung Guru Diresmikan

INFOSULSEL.com, MAKASSAR — Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) bersama isteri, Mufidah Jusuf Kalla melakukan kunjungan kerja di Sulsel, Jum’at (28/7).

Bacaan Lainnya

Dua agenda utama yang dihadiri JK adalah mengunjungi Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel dan menghadiri Milad ke-54 Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar.

Agenda pertama orang nomor dua di Indonesia tersebut adalah meresmikan Gedung Guru Jusuf Kalla, JK e-Learning Centre, melakukan ceramah umum,  serta meresmikan taman bermain anak (playground) Mufidah Jusuf Kalla.

Ruang JK e-Panrita Centre sendiri merupakan sebuah ruangan kontrol fitur-fitur pendidikan berbasis aplikasi. Aplikasi ini diberi nama e-Panrita yang memiliki makna pakar, ahli atau cendikia.

Jusuf Kalla mengatakan, pendidikan harus mengikuti perkembangan termasuk teknologi. Hadirnya aplikasi e-Panrita sebagai jawaban atas perkembangan teknologi yang sangat pesat.

JK berharap kehadiran aplikasi itu, bukan sebagai instrument pengawasan, tetapi untuk memastikan semua sistem berjalan dengan baik. Gubernur Sulsel SYL sendiri menyambut kehadiran JK sebagai bentuk energi baru untuk Sulsel.

“Hadirnya beliau untuk re-charge (mengisi ulang) energi Sulawesi Selatan dan pendidikan kita. Kita orang Sulsel tidak boleh tertinggal di dunia pendidikan,” kata SYL.

Hadirnya aplikasi pendidikan ini oleh SYL disebutkan mampu memonitor aktivitas guru dan kepala sekolah. Juga dilengkapi fitur yang mampu memberikan pertolongan pada pengguna aplikasi dalam hal bantuan keamanan.

Aplikasi ini sendiri memberikan layanan pendidikan dengan berbagai fitur seperti Absensi online, E-Learning (pembelajaran berbasis eletronik), Video Conference (konfrensi video), berita dan hiburan pendidikan, E-Polling, Guru (data kependidikan), E-Budgetting (penganggaran) serta CCTV Sekolah.

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan menekan tombol sirine dan penandatanganan prasasti.

 

Anwar/Infosulsel.com

Pos terkait