3815 Dapat Remisi, 86 Langsung Bebas

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR– Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Sulawesi Selatan telah memberikan remisi atau potongan masa tahanan kepada nara pidana sebanyak 3815 orang, 86 orang diantaranta langsung dinyatakan bebas.

Kepala Kakanwil Kemenhukam Sulsel, Sahabuddi Kilkoda mengatakan narapidana yang mendapat remisi enam bulan sebanyak 59 orang ,  remisi lima  bulan sebanyak 222 orang narapidana, remisi 4 bulan sebanyak 338 orang narapidana, remisi 3 bulan sebanyak 846 orang narapidana, remisi 2 bulan sebanyak 1149 orang, dan narapidana yang mendapat remisi 1 bulan sebanyak 1201.

Bacaan Lainnya

” 3815 orang yang medapat remisi di hari HUT RI ke-72 ini,” katanya.

Dia melanjutkan, napi yag menapat remisi telah harus memenuhi seluruh syarat,  sebagaimana yang terdapat dalam Pasal 34 ayat (2) dan (3) PP 99/2012,  berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana lebih dari enam bulan,  tidak sedang menjalani hukuman disiplin dalam kurun waktu 6 (enam) bulan terakhir, terhitung sebelum tanggal pemberian Remisi dan telah mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh LAPAS dengan predikat baik

“napi yang dapat ini yang berperilaku baik, sopan dan sebagainya,” ujarnya.

Dia menjelaskan saat ini  sebanyak 8989 narapidana dan tahanan yang tersebar di 9 Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), 15 Rumah Tahanan (Rutan) se Sulsel dan 1 Pemasyarakatan Militer Makassar.

“dengan rincian narapidana pria sebanyak 5,336 orang, narapidana wanita sebanyak 348 orang, tahanan pria 3,065 orang, dan tahanan wanita 240 orang dengan jumlah keseluruhan sebanyak 8,989orang.

Penyerahan remisi ini dilakukan oleh Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo di lembaga pemasyarakatan klas I Makassar. Syahrul berharap agar seluruh tahanan yang ada dibawah Kementrian hukum dan ham Sulsel agar tidak ada yang melakukan keributan.

“mari kita semua berbuat baik,” ajak SYL.

 

Penulis: Herman

Editor : Anwar

Pos terkait