Agus Arifin Nu’mang Desak Garuda Buka Rute Makassar-Bua

*Sebagai Kado HUT Kemerdekaan RI

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Kabar Gembira kepada warga Kabupaten Luwu Sulawesi Selatan, kini maskapai Garuda Indonesia akan kembali berupaya untuk dapat melakukan penerbangan dari Makassar ke Bandara Bua Kabupaten Luwu.

Bacaan Lainnya

Vice President (VP) Garuda Indonesia Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua, I Wayan Supatrayasa menjelaskan, berjanji akan terus berupaya dalam waktu dekat agar hal tersebut terwujud.

Hal itu diungkapkan I Wayan Supatrayasa dalam rapat dengan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang, Kepala Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan Ilyas Iskandar dan Kepala Bandara Bua Aras Nur dengan pihak Garuda Indonesia di ruang kerja Wakil Gubernur, Kamis (3/8).

I Wayan juga optimis Garuda Indonesia akan beroperasi di rute Makassar – Kabupaten Luwu dalam waktu dekat, mengingat fasilitas Bandara Bua saat ini dalam kondisi sudah standar, seperti pagar, penerangan dan lainnya.

Namun dia berharap kepada pemerintah provinsi dan Kabupaten Luwu agar disiapkan layanan dari Pertamina untuk dukungan bahan bakar.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu’mang pada kesempatan itu mendesak pihak Garuda Indonesia segera melakukan penerbangan rute Makassar – Kabupaten Luwu.

Bahkan orang nomor dua Sulawesi Selatan itu menyarankan agar rutenya ditambah dari Makassar – Kabupaten Luwu dan Palu.

“Kalau bisa bulan ini sudah terbang, anggaplah ini hadiah hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus dari Garuda Indonesia ke Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, jangan sampai molor lagi,” harap Agus.

Mantan Ketua DPRD Sulawesi Selatan itu meminta pihak Garuda Indonesia berkoordinasi dengan pihak Bandara Bua untuk mengatur waktu terbang dengan penerbangan maskapai lainnya seperti Wings Air yang lebih dahulu menjajal rute tersebut.

“Sebaiknya segera diatur waktu terbangnya antara Garuda Indonesia dengan Wings Air, agar dapat mengakomodir waktu terbang yang diinginkan masyarakat,” ujarnya.

Namun Wakil Gubernur Sulawesi Selatan dua periode itu menyarankan kepada pihak Garuda Indonesia diawal penerbangannya agar setiap hari Senin terbang dari Makassar menuju Kabupaten Luwu pada pukul 06.00 Wita, dan pada hari Jumat terbang dari Bandara Bua Kabupaten Luwu menuju Makassar pada pukul 17.00 Wita.

Agus Arifin Nu’mang optimis Bandara Bua akan ramai oleh masyarakat pengguna jasa transportasi udara, mengingat jarak Kota Palopo, Toraja dan Soroako ke Bandara Bua terbilang dekat dan daerah tersebut merupakan daerah tujuan wisata baik domestik maupun mancanegara.

 

Penulis : Herman 

Editor : Anwar

Pos terkait