Selangkah Lagi PAN Tinggalkan IYL, Lalu Merapat ke NA

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR– Harapan Ichsan Yasin Limpo dan Andi Muzakkar mengendarai Partai Amanat Nasional (PAN) di Pilgub Sulsel nyaris pupus. Hal ini setelah Ketua DPP PAN, Yandri Susanto menegaskan jika dukungan politik PAN di Pilgub Sulsel akan berubah.

“PAN yang sebelumnya telah mengeluarkan rekomendasi buat bakal calon Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo, belum mendapat kepastian karena kecukupan syarat dukungan tidak terpenuhi,” kata Yandri, Rabu (20/9).

Bacaan Lainnya

Yandri menegaskan hingga saat IYL sapaan Ichsan dianggap tidak memiliki kemampuan untuk mendatangkan dukungan partai politik yang lain untuk mencukupi persyaratan minimal 17 kursi di DPRD Sulsel. Sementara, PAN hanya punya 9 kursi.

“Artinya PAN juga harus antisipasi kemungkinan-kemungkinan itu. Dan setelah kami evaluasi, maka PAN akan ke Nurdin Abdullah (NA),” tegas Yandri.

Kendati demikian jika IYL mampu menambah koalisi dalam waktu dekat, maka bisa saja rekomendasi PAN tidak akan beralih ke kandidat lain. “Tapi sampai hari ini, Pak Ichsan itu belum dapat,” ucapnya.

Lanjut Sekretaris DPP PAN itu nyaris semua Partai besar di Sulsel telah memiliki dukungan, mislnya Golkar-NasDem ke Nurdin Halid. Kemudian PKS-Gerindra itu kemungkinan ke calon lain, bukan dan hal yang sama juga di PPP .

Sementara ketua Barisa MudaNA, Andi Ryo Mondri mengatakan rasa syukur jika DPP PAN akan mengusung NA di pilgub mendatang. “Kami syukuri PAN bila mengarahkan usungannya ke pak NA. Mumgkin PAN melihat komitmen pak NA sangat jelas untuk Sulsel, dan PAN di masa akan datang. Ini kejutan yang sangat luar biasa,”jelasnya.

 

Penulis : Wawan

Editor : Anwar

Pos terkait