PSM Ogah Jadi Tuan Rumah Piala Presiden 2018

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Manajemen PT PSM tampaknya ogah menjadi tuan rumah babak penyisihan Piala Presiden 2018. Alasannya, Stadion Mattoanging belum memenuhi persyaratan.

“Kami akan koordinasikan dulu dengan PSSI. Kalau bisa mereka ke Makassar dulu meninjau kelayakan Stadion Mattoangin. Karena terus terang, fasilitas dan sarana stadion masih dalam pembenahan,” kata CEO PSM, Munafri Arifuddin.

Bacaan Lainnya

Meski begitu Appi, sapaanya menegaskan PSM tetap akan ikut sebagai tim peserta.

“Kami akan mengikuti beberapa turnamen pramusim. Selain Piala Presiden, PSM juga siap berpartisipasi di Piala Gubernur Kaltim. Kami juga akan menggelar PSM Asia Super Cup 2018 di Makassar yang diikuti tiga tim dari tiga negara Asia ,” jelas Munafri pada awak media di Makassar, Rabu (20/12/2017).

Menurut Appi, itulah kenapa PSM akan menggelar Training Center (TC) di Bali karena Stadion Mattoanging yang jadi “home base” Juku Eja akan dibenahi menyongsong gelaran Liga 1 musim  2018.

Menurut Appi, markas PSM memang bukanlah stadion megah. Stadion ini memang sudah tua. Merupakan peninggalan PON IV yang dibangun tahun 1957.Dari segi konstruksi, stadion ini sudah tertinggal jauh dibanding stadion milik klub-klub peserta Liga 1.

“Namun dari segi kualitas lapangan, Mattoangin tidak kalah dengan lapangan di stadion lain. Sebab kami sangat menjaga kontur tanah yang ada di dalam lapangan, termasuk kualitas rumputnya. Bisa dibandingkan dengan runput stadion lain di Indonesia,” papar Appi.

Appi menampik lebih memprioritaskan turnamen yang akan digelar oleh PSM dibanding menjadi tuan rumah babak penyisihan Piala Presiden.

‘’Saya tidak mengatakan menghindari jadi tuan rumah Piala Presiden. Hanya saja intensitas pertandingan dengan fasilitas yang ada tidak sesuai dengan Stadion Mattoanging,”  kilah Appi.

Menurutnya, jika Makassar menjadi tuan rumah akan banyak pertandingan yang akan berlangsung di Mattoanging. Ada 12 pertandingan yang diikuti 4 tim.

‘’Pertanyaannya, apakah mampu dengan kondisi Stadion Mattoanging seperti ini. Ruang ganti pemain di stadion hanya ada dua. Kalau sehari dua partai, kan ga mungkin tim yang sudah main langsung diusir keluar karena ada pertadingan berikutnya,” kata Appi, beralasan.

Manajemen PSM Makassar, kata Appi masih akan melakukan komunikasi dengan operator Piala Presiden soal situasi yang dialami agar tidak ada pihak yang dirugikan.

‘’Yang pasti PSM siap mengikuti Piala Presiden meski tidak menjadi tuan rumah,” katanya.

Selain Makassar, epat kota lainnya yang jadi tuan rumah yakni Bandung, Surabaya, Malang dan Bali. Ajang pemanasan klub-klub Liga 1 ini berlangsung pertengahan Januari sampai Pebruari 2018 yang akan diikuti 20 klub. Rinciannya 15 klub yang bertahan di musim lalu dan tiga klub berstatuskan promosi. Dua klub lainnya Martapura FC dan PSPS Pekanbaru.

 

Penulis : Asri Syah

Pos terkait