Lepas Sandro, Bukti PSM Butuh Striker Non Asia

  • Whatsapp
Sandro berduel dengan defender Borneo FC.

InfoSulsel.com, Makassar – PSM Makassar memilih untuk tidak memperpanjang kontrak striker asal Hong Kong, Alessandro Ferreira Leonardo alias Sandro untuk musim depan.

Sandro yang direkrut dari Kitchee FC pada putaran kedua Liga 1 2018 memang mampu menyumbangkan 4 gol dan 2 asis untuk PSM Makassar. Namun, Ia dinilai belum sesuai ekspektasi pelatih dan manajemen.

Muat Lebih

Tidak hanya itu, Robert Alberts secara gamblang tengah bernegosiasi dengan beberapa striker non Asia dan telah melepas defender Steven Paulle. Sebabnya, regulasi 3 pemain asing non Asia + 1 pemain Asia yang harus dipatuhi Juku Eja.

“Seandainya kami punya striker yang mumpuni dalam mencetak gol, kami akan memenangi pertandingan yang berakhir draw. Jadi sangat sederhana, kalau kami punya striker yang mencetak 12-16 gol mungkin kami keluar sebagai juara,” ungkap Robert, Rabu (12/12/2018).

Bermasalah Dengan Striker Asia

Dalam dua musim terakhir PSM Makassar memang memiliki masalah besar pada sosok striker asing Asia. Tidak tanggung-tanggung, sejak pra musim Liga 1 2017, Juku Eja telah mendatangkan lima striker.

Pertama adalah striker asal Iran, Pouya Hosseini didatangkan saat pra musim 2017. Namun striker berusia 30 tahun tersebut hanya tampil pada dua pertandingan di Piala Presiden 2017 melawan Persib Bandung dan Persela Lamongan. Meski berhasil mencetak satu gol, Ia didepak dan digantikan oleh Reinaldo Elias da Costa.

Reinaldo direkrut PSM Makassar karena performa gemilangnya bersama Borneo FC di ajang PIala Presiden 2017. Ia pun membuktikan diri dengan 9 gol dan 3 asis dari 17 kali mentas di putaran pertama ditambah 4 gol selama pra musim. Namun, Reinaldo dipinjamkan ke Persija Jakarta di putaran kedua karena dinilai menjadi titik lemah permainan dan niatan mendatangkan striker baru.

Pengganti Reinaldo pun berasal dari Uzbekitan, yakni Pavel Purishkin eks striker Liga Malaysia. Namun, karena lambatnya proses adaptasi Pavel hanya bermain pada 8 pertandingan dengan 4 gol dan 2 asis. Meski berhasil mencetak dua gol krusial seperti gol dari corner kick melawan Semen Padang dan voli krusial yang memenangkan Juku Eja atas Persib Bandung, Pavel tetap dilepas PSM Makassar.

Pada musim 2018, Robert kembali mendatangkan striker yang direkomendasikannya yakni Bruce Djite, striker kelahiran Amerika Serikat berpaspor Australia. Akan tetapi, pemilik 7 caps bersama The Socceros tersebut lebih banyak dibekap cedera. Ia hanya bermain pada 13 pertandingan (4 uji coba) dan hanya mencetak 2 gol (pada uji coba) dan 1 asis (versus Persija Jakarta).

Terakhir, PSM Makassar mendatangkan striker tim nasional Hong Kong yakni Alessadro Ferreira Leonardo yang kerap disapa Sandro. Nasibnya pun sama dengan empat striker asing Juku Eja sebelumnya. Sandro hanya mencetak 4 gol dan 2 asis dalam 11 pertandingan di putaran kedua Liga 1 2018.

Editor: Adriyan

Pos terkait