Refleksi Akhir Tahun 2017 Pemkot Makassar, Kinerja Baik, Ekonomi Meningkat

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Celebes Convention Center di Jalan Metro Tanjung Bunga, penuh sesak oleh warga Makassar. Diperkirakan sekitar 10 ribu warga hadir. Lebih dari setengahnya adalah ketua RT-RW, penasehat walikota dan LPM. Selebihnya  lurah, camat, para guru dan pejabat dan pegawai dari seluruh SKPD hadir di Acara Refleksi Akhir Tahun 2017 yang digelar Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar pada Selasa (19/12/2017).

Acara diawali dengan pemaparan hasil survey terkait kinerja Pemkot Makassar yang dibawakan oleh Direktur Eksekutif Celebes Research Center (CRC), Herman Heizer.

Bacaan Lainnya

Menurut Herman dari tahun ke tahun menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar menujukan trend yang positif.

“Ini untuk kinerja Pemkot Makassar secara umum, baik dari aspek layanan publik misalnya pendidikan, kesehatan, pelayanan administrasi lainnya seperti di Capil dan sebagainya,” katanya.

Herman menungkapkan kepuasan masyarakat diera kepemimpinan Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto itu disampaikan sesuai dengan tingkat pelayanan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Selama tahun 2017.

“Hal itu terkait dengan mewujudkan misi Walikota yakni merekonstruksi nasib rakyat menuju masyarakat yang sejahtera, tata kelola kota menuju kota dunia, dan pebenahan birokrasi menuju pelayanan yang bersih. Dari tahun ke tahun itu menujukkan klaim yang positif,” papar Herman.

Ia mengakui tidak seluruhnya masyarakat menaggapi positif. Tapi, lanjut Herman gap negatif itu semakin menipis. Dalam artian tiga misi Danny Pomanto dianggap berhasil.

Hasil survei CRC menunjukkan kondisi ekonomi mencapai 54 persen, pelayanan kesehatan 94 persen menyatakan sangat baik. Sementara untuk tingkat kenyamanan masyarakat tinggal di Makassar berada pada tingkat 84 persen.

“Secara umum masyarakat Makassar menyebut kondisi ekonomi baik-baik saja. Sementara mayoritas masyarakat Makassar juga mengatakan kondisi pemerintahan sangat baik,”  sebut Herman.

Danny Pomanto menyebut jika berdasarkan hasil survey CRC, kepemimpinannya cukup baik. Meski begitu ia hanya berfokus pada kepuasan masyarakatnya.

“Ini berdasarkan survey. Kita tidak mau nilai diri sendiri. Pemkot lebih mengutamakan kepuasan masyarakat terhadap pemerintahan,” tegas Danny.

Bersama Wakilnya Syamsu Rizal, tahun depan Danny akan merealisasikan sejumlah program. Diantaranya ada tiga hal yakni  melengkapi refleksi, apa yang akan dilakukan selanjutnya, dan isu terhangat yang berkembang.

Ia juga menjelaskan tentang pembangunan infrastruktur penting yang kini tengah ditata.

‘’Beberapa jalan yang menghadapai kendala terkhusus yang statusnya belum fasum fasos, Insya Allah tahun ini kita perbaiki,” ujarnya.

Danny juga menyebut soal jalan tol layang di AP Pettarani yang telah grounbreaking, serta pelabuhan baru Makassar yang akan dibangun lebih besar. Menurutnya ini akan berpengaruh besar terhadap perkembangan kota Makassar, khususnya dalam hal peningkatan perekonomian masyarakat.

 

Penulis : Asri Syahril

 

Pos terkait