Ini 10 Kuliner Khas Makassar yang Wajib Anda Coba

Wisata Kuliner

INFOSULSEL.COM,MAKASSAR — Kuliner Makassar sungguh beragasm. Rasanya pun menggugah selera. Karena rasanya yang nikmat, membuat mereka yang pernah mencicipinya akan ketagihan. Beberapa mungkin sudah pernah Anda coba.

Nah, ini 10 macam kuliner Makassar yang cukup terkenal. Apa saja? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1.Coto Makassar

Siapa yang tak kenal dengan kuliner Makassar satu ini? Coto Makassar. Bahannya dari daging sapi. Terdiri dari potongan daging serta kuah yang kaya akan rempah-rempah pilihan. Tambahan bawang goreng serta daun bawang semakin menambah nikmat rasanya.

Bacaan Lainnya
Coto Makassar.

2.Pallubasa

Seperti Coto Makassar, Pallubasa juga menggunakan daging sapi sebagai bahan utamanya. Yang membedakan ada campuran kelapa goreng halus. Itulah yang membuat cita rasa dengan coto berbeda. Tapi, yang pasti  sama-sama enak. Kuahnya pun cenderung wangi dan berwarna lebih terang. Makin nikmat dengan tambahan telur setengah matang dan nasi putih hangat.

Pallubasa

3.Sop Konro

Sop Konro di Makassar adalah sajian yang jangan Anda lewatkan jika berkunjung ke kota Daeng. Menunya terbuat dari iga sapi yang dicampur ke dalam kuah berwarna kecoklatan. Terkadang disajikan dengan sedotan untuk menikmati isi dalam tulang. Lebih enak lagi disantap bersama potongan ketupat atau sepiring nasi.

Sop Konro

4.Sop Saudara

Wisata Kuliner Makassar paling pas dengan berburu Sop Saudara.  Bahan yang digunakan adalah daging sapi. Kemudian ada juga kuah yang lezat. Tak hanya itu, sajiannya juga mendapat tambahan lain seperti bihun dan perkedel kentang. Disantap bersama nasi putih hangat atau ikan bakar membuat perut kamu berhenti memberontak.

Sop Saudara

5.Pallu Kaccia

Terletak di pesisir membuat Makassar memiliki beragam olahan ikan. Salah satunya adalah Pallu Kacci. Makanan ini juga disajikan bersama kuah asam dengan warna kekuningan. Wangi masakannya dijamin menggoda selera makan kamu. Soal rasa? bikin ketagihan!

Pallu Kacci

6.Pallu Mara

Sekilas masakan ini terlihat sama seperti Pallu Kacci. Namun saat disantap rasanya lebih unik dan gurih. Kuliner ini menggunakan ikan kakap merah sebagai bahan dasar. Kuahnya berwarna kuning diolah dari kemiri dan kental. Cocok dihidangkan bersama nasi putih sebagai santapan siangmu.

Pallu Mara

 

7.Nasu Palleko

Kuliner ini berasal dari Kabupaten Pinrang. Namun, kini sudah bisa dinikmati di beberapa rumah makan Palekko yang mulai menjamur di Makassar.  Bahan utamanya berupa Itik yang digoreng hingga kecoklatan. Bumbunya merupakan campuran bawang putih, cabai, sereh dan berbagai rempah lainnya. Penggemar rasa pedas wajib mencoba.

Nasu Palleko

8.Sop Ubi

Seperti namanya, kuliner ini menggunakan ubi dan disajikan bersama kuah sop bening. Irisan daging yang kecil-kecil menjadi tambahan yang mengenyangkan. Sebagai pelengkap, hadirnya aneka sayuran membuat masakan ini jadi lebih enak dan bergizi. Wajib coba!

Sob Ubi.

8.Kapurung

Meskipun berasal dari Luwu, namun makanan ini juga bisa kamu nikmati di Makassar. Tepatnya di Rumah Makan Aroma Palopo, Jalan Mappanyukki No. 66C. Kuliner ini menggunakan sagu yang telah diolah menjadi kental sebagai bahan dasarnya. Rasa asam berasal dari campuran patikala di kuahnya. Aneka sayuran dan irisan daging ikan juga menjadi pelengkapnya. Cocok untuk disantap saat pagi hari.

Kapurung.

9.Songkolo

Songkolo seringkali disajikan saat pagi hari ataupun tengah malam. Bahan utamanya berupa beras ketan yang dikukus hingga matang. Tambahan lain seperti parutan kelapa goreng dan ikan asin membuat hidangan ini semakin lezat. Meskipun porsinya terlihat sedikit, namun dijamin mengenyangkan kok.

Songkolo

 

10.Mie Kering

Mie kering memiliki tekstur cukup keras dan menjadi lembut saat dicampur bersama kuah kentalnya. Pelengkap lain seperti bakso, daging ayam, dan sayur-sayuran membuatnya terasa lezat. Kuliner ini diciptakan oleh seorang keturunan Tionghoa pada tahun 1960. Paling pas jika disantap saat malam hari

Mie Kering

Nah, itulah ulasan mengenai kuliner khas Bugis Makassar. Sudah kepikiran ingin mencoba yang mana?

 

Penulis: Asri Syah 

Pos terkait