Ribuan Kader Pemuda Pancasila Sulsel Serbu Jakarta

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Sekitar 1000-an kader Pemuda Pancasila se Sulawesi Selatan dipimpin ketuanya, St Diza Ali  menyerbu ibu kota Jakarta. Mereka hadir bukan untuk aksi demonstrasi. Melainkan menghadiri Musyawarah Besar (Mubes) ke-X sekaligus perayaan HUT ke-60 Pemuda Pancasila di Hotel Sultan Jakarta.

Mubes PP yang akan berlangsung 26-28 Oktober 2019 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo dan ditutup oleh Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin.

Muat Lebih

Ketua OKK MPW Pemuda Pancasila Sulsel Zulkifli Thahir yang berada di arena Mubes melaporkan saat ini ada puluhan ribu kader Organisasi Masyarakat (Ormas) terbesar di Indonesia dari 34 provinsi menyerbu ibu kota Jakarta.

‘’Untuk memudahkan koordinasi MPW PP Sulsel membuka posko di arena Mubes. Bahkan kami jatu-satunya yang buka posko,” ungkap politisi Partai Demokrat yang akrab disapa Abang Cule, ini.

Peserta Mubes X PP terdiri dari 500 lebih MPC se Indonesia. Untuk peserta penuh 2 orang yakni ketua dan sekretaris.

“Itu belum termasuk  5 peserta dari 34 MPW se Indonesia. Peserta peninjau dari 8 badan dan lembaga PP di 34 provinsi yang masing-masing diwakili 2 orang. Belum termasuk penggembira,” timpal Wakil Ketua MPW Pemuda Pancasila Sulsel Adi Rasyid Ali yang dihubungi via telepon selulernya, Jumat (25/10/2019) mala ini.

Agenda Mubes PP yang ketua panitianya adalah Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo yang juga Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila salah satunya adalah seminar nasional.

‘’Seminar berlangsung sebelum  rapat pleno yang dibagi dua sesi. Pertama pematerinya  adalah Panglima TNI, lalu  pemateri Kedua Kapolri dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto,” tambah ARA, sapaan akrab Wakil Ketua DPRD Kota Makassar, ini.

Agenda Mubes Pemuda Pancasila kali ini, selain secara aklamasi akan memilih kembali Japto Soerjosoemarno sebagai Ketua Umum Pemuda Pancasila periode 2020-2024, Mubes X juga akan menorehkan dua rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yaitu Ikrar Sumpah Pemuda oleh Anggota Ormas Terbanyak, serta Ikrar Anti Narkoba oleh Anggota Ormas Terbanyak.

Mubes yang dihadiri sekitar 1.500 pengurus wilayah dan cabang Pemuda Pancasila ini juga akan menghadirkan pameran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan tema Sixty Fest, menyesuaikan usia Pemuda Pancasila yang memasuki ke-60 tahun.

‘’Melibatkan UMKM dari berbagai bidang seperti kuliner dan fashion. Juga ada festival band serta games menarik yang membuat acara menjadi semarak,” jelas Ketua Panitia Mubes X Bambang Soesatyo.

Ketua Umum Pemuda Pancasila Japto Soerjosoemarno menerangkan, akan ada evaluasi kepengurusan serta program yang sudah terlaksana maupun yang belum. Mubes X juga akan menetapkan pokok-pokok pikiran rekomendasi, baik internal maupun eksternal, serta menetapkan program kerja lima tahun kedepan yang berfokus pada pemantapan komitmen kebangsaan sekaligus membumikan Pancasila ke seluruh sendi kehidupan masyarakat.

“Pemuda Pancasila siap membantu keberhasilan program pemerintahan Presiden Joko Widodo. Dalam rangka mempertegas peran Pemuda Pancasila dalam pembangunan nasional, kita akan bekerjasama dengan Kementerian Koperasi dan UMKM, serta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dua bidang ini, UMKM dan penanggulangan bencana, sangat dekat dengan kehidupan kader Pemuda Pancasila,” terang Japto.

Japto menambahkan, kiprah dan pengabdian kader Pemuda Pancasila saat ini sudah semakin tersebar ke berbagai lini. Dari mulai ekonomi, sosial, sampai politik. Dua orang kader Pemuda Pancasila kini menjadi dua pemimpin lembaga tinggi negara, yakni Bamsoet sebagai Ketua MPR RI dan La Nyalla Mattaliti sebagai Ketua DPD RI.

“Sejak awal saya sampaikan, ibaratnya sebagai orang tua, Pemuda Pancasila selalu mendukung anak-anaknya berkiprah di mana pun,” tegas Japto.

(Riel)

Pos terkait