Paguyuban Menjamur di Sekolah, Saharuddin Said: Banyak Timbulkan Masalah

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Makassar, Saharuddin Said mengaku baru mengetahui adanya Paguyuban hampir disetiap sekolah di kota Makassar.

Hal tersebut diungkapkan saat ditemui diruangannya di gedung DPRD Makassar, Jalan Andi Pangeran Pettarani, Makassar, Rabu (13/11/2019).

“Itu baru kita tahu, belum lama ini baru ada isu Peguyuban, tetapi lagi-lagi kalau niatnya baik pasti kita dukung,” ungkap Ajib sapaan akrabnya.

Politisi Golkar ini mengatakan, hadirnya Paguyuban di sekolah telah banyak menghadirkan beberapa masalah, diantaranya menyangkut dengan setoran.

“Tetapi yang bermasalah ini adalah banyak sekolah yang melapor tentang setoran-setoran mengenai peguyuban itu,” tambahnya.

Menurutnya jika tujuan dibentuknya peguyuban itu untuk mempersatukan orang tua siswa, tentu kata dia, itu tidak ada masalah.

“Misalkan, ada orang tua siswa yang mampu kemudian membantu sekolah dan memberikan bantuan kepada kelasnya untuk lebih bagus, itu tidak masalah,” terangnya.

Akan tetapi disisi lain, anggota komisi D tersebut mengegaskan bahwa paguyuban jangan menjadi sebuah keharusan. Mengingat keadaan orang tua siswa tidak dapat digeneralkan.

Kendati, dikhwatirkan hadirnya Peguyuban itu tidak mampu menjembatani sebagai alternatif solusi sarana dan prasarana, tetapi justru menghadirkan konflik internal.

“Kalau misalkan dikelas lain ada peguyuban, adil tidak? atau orang tuanya kelas menengah kebawah. Itukan bikin iri-iriki anak-anak. Kalau misalkan ada kelas dikasih pendingin ruangan, kemudian ada yang tidak dikasih,” imbuhnya.

Terakhir, Ajib menginginkan Paguyuban ini harus jelas batas fungsi dan tanggungjawabnya di sekolah.

“Walaupun itu sumbangan. Tapi dapat menggangu ini mental anak-anak. Apalagi misalkan, hal itu selalu dicerita, apaji kau, apaji kau. Akhirnya menurut saya, kalau peguyuban terlalu jauh mengarah masuk kedalam, mengganggu disabilitas proses belajar sekolah,” pungkasnya. (Andi/Dir)

Pos terkait