oleh

Penjaringan Calon Walikota, Demokrat Terapkan Uji Publik

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Guna mendapatkan calon yang tepat untuk diusung dalam pemilihan Walikota Makassar 2020, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Makassar bakal menerapkan mekanisme berbeda.

Melalui, Sekretaris DPC partai Demokrat yang juga merupakan ketua panitia penjaringan Abdi Asmara mengatakan, sesuai hasil rapat koordinasi internal partai dalam hal pengembalain formulir pencalonan akan dilakukan uji kompetensi.

“Kita di DPC Kota Makassar, pada saat pengembalian formulir akan mengadakan uji publik,” ujarnya saat ditemui diruangannya, gedung DPRD Makassar, Senin (18/11/2019).

Uji publik ini menurut Abdi adalah sebuah proses duduk bersama oleh bakal calon setelah pengembalian dijadwalkan secara bersamaan. Kemudian setelah calon ada, uji publik dengan membuka tanya jawab bersama media, LSM dan akademisi akan dilangsungkan.

“Jadi kita akan undang uji publiknya dengan duduk bersama. Misalnya 3 sampai 4 calon, disitulah uji publik sambil mengembalikan formulirnya yang akan dilaksanakan di bulan desember,” ungkapnya.

Lebih lanjut Abdi mengatakan, uji publik ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kapasitas dan integritas calon yang akan bertarung nantinya.

“Ada dari media, LSM dan akademisi yang akan bertanya seputar pemilihan wali kota. Bukan terkait visi-misi, tetapi minimal kita tahu dia memiliki kapasitas, kapabilitas dan integritas,” bebernya.

Dari gelaran itu nantinya kata Abdi akan terlihat ke publik, siapa diantaranya yang punya kapasitas.

Dikabarkan sejak 9 November lalu Demokrat telah membuka penjaringan dengan tahapan pengambilan formulir, termasuk di DPC Makassar.

Tahap selanjutnya pada Desember 2019 adalah pengembalian formulir yang rencananya akan dilakukan serentak dan bersama-sama oleh para calon.

“Kita akan komunikasikan agar pengembalian dilakukan calon secara bersama,” pungkas Abdi. (Andi/Dir)

News Feed