Covid-19, Kuliah Unibos Dialihkan ke Sistem Online

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –Menindaklanjuti perkembangan penyebaran virus corona (Covid-19) yang sudah memasuki Tahap Siaga Nasional, kini Universitas Bosowa (Unibos) mengalihkan kegiatan perkuliahan tatap muka di kampus menjadi perkuliahan online.

Hal tersebut diutarakan dalam Surat Keputusan Rektor Nomor 342/02/Unibos/III/2020, Senin (16/03/2020). Libur sementara ini dilakukan pada 17-31 Maret 2020.

Bacaan Lainnya

Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu point dalam Surat Edaran tersebut adalah penyelenggaraan Perkuliahan Tatap Muka (S1, S2, S3) di dalam kelas diganti dengan perkuliahan secara online (daring) dengan memanfaatkan fasilitas IT e-learning.

Kuliah itu dilakukan melalui laman lms.unibos.ac.id atau platform e-learning yang tersedia serta meniadakan kegiatan kemahasiswaan lainnya untuk sementara.

Rektor Unibos Prof Saleh Pallu mengatakan, pihak pimpinan universitas dan fakultas melalukan ini sebagai tindak lanjut dari surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

“Maka kami juga mengeluarkan edaran bahwa proses belajar mengajar di lingkup Unibos dari tatap muka dialihkan menggunakan sistem online, jadi mahasiswa dapat melakukan proses belajar jarak jauh dimana saja dengan dosen yang bersangkutan. Inj berlaku untuk program Sarjana S1, Magister S2, dan Doktor S3. Hal ini kita lakukan sebagai pencegahan penyebaran virus corona Covid-19 secara meluas”, katanya.

“Dosen Unibos juga sudah biasa memberikan proses pembelajaran secara daring karena kita memang sudah berlakukan e-learning. Jika keadaan sudah membaik, kita akan kembali melakukan perkuliahan seperti biasanya,” tambahnya.

Ia juga menghimbau agar civitas akademika Unibos tetap melakukan aktivitas dengan menjaga pola hidup sehat.

“Semoga kita semua tetap diberi kesehatan dan perlindungan, juga dijauhkan dari hal-hal yang mengganggu aktivitas kita,” kata Rektor Unibos.

red: gun

Pos terkait