Siap Dilantik Jadi Pj Walikota, Prof Yusran Dihadang PR Berat

  • Whatsapp
Prof Yusran (kanan) Pj Walikota Makassar yang akan dilantik Rabu (13/5/2020) menggantikan Iqbal S Suhaeb (kanan).(IST)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –— Teka-teki siapa yang akan menggantikan Iqbal S Suhaeb sebagai Penjabat (Pj) Walikota Makassar,  akhirnya terjawab. Nama yang direstui oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yakni Prof. Dr. Yusran Jusuf, M.Si, Kepala Bappeda Pemprov Sulsel.

Surat Keputusan (SK) Mendagri sudah diteken Selasa (12/5/2020) dan sudah di tangan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah. Menurut rencana Prof Yusran akan dilantik sebagai Pj Walikota Makassar pukul 13.00 WITA, Rabu (13/5/2020) siang.

Bacaan Lainnya

Prof Yusran yang dihubungi  INFOSULSEL.COM, Selasa membenarkan penunjukan dirinya sebagai Pj Walikota. Mantan Dekan Fakultas Kehutanan Universitas Hasanuddin (Unhas) ini sudah mempersiapkan diri untuk dilantik.

‘’Alhamdulillah,” jawab Prof Yusran melalui pesan WhatsApp (WA), Selasa malam.

Guru besar kehutanan asal Kabupaten Maros ini akan menjabat  sebagai Pj Walikota Makassar sekitar 8 bulan kedepan. Ia akan dihadang sejumlah Pekerjaan Rumah (PR) yang cukup berat yang harus diselesaikan pria kelahiran 6 Desember 1969 ini. Yang tengah menghadang di depan mata yakni penanganan dan penanggulangan Covid-19 serta carut marutnya pembagia sembako bagi warga terdampak di tengah peberlakukan PSBB tahap kedua di Kota Makassar.  Yang tak kalah beratnya menangani Pilkada Makassar pada 9 Desember 2020 atau tiga hari setelah ulangtahun Prof Yusran ke 63.

Wakil Ketua DPRD Kota Makassar  Adi Rasyid Ali mengaku sejak awal sudah memprediksi alumni S1 Unhas 1994, S2 dan S3 Institut Pertanian Bogor 1999 dan 2005 ini bakal menduduki jabatan Pj Walikota Makassar.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Makassar ini menyebut tidak meragukan kemampuan Prof Yusran sebagai nakhoda Kota Makassar dalam kurun waktu delapan bulan kedepan. ARA, begitu ia disapa juga mengaku selama ini sering berkomunikasi dengan Prof Yusran.

”Banyak ide-ide Prof Yusran yang sangat brilian. Dan saya sangat yakin apa yang pernah disampaikan kepada saya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat kota makassar ke depan,” ujar ARA.

Dosen Kehutanan Unhas yang menyandang jabatan akademik Guru Besar sejak 2009 ini memang dikenal sebagai sahabat dekat Prof Nurdin Abdullah. Persahabatan keduanya terjalin sejak mahasiswa. Karena itulah, begitu terpilih sebagai Gubernur Sulsel, Yusran yang saat itu masih menjabat sebagai Dekan Kehutanan Unhas langsung ditunjuk sebagai Ketua Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Setelah itu, Yusran diamanahkan menjadi kepala Bappeda Sulsel sejak awal Februari 2020. Juga langsung dipercaya menjadi ketua Pansel Perusda untuk menentukan Dirut PD Parkir, PD Pasar, dan PD Terminal.

Kini Prof Yusran kembali dipercaya menjadi Pj Walikota Makassar hingga dilantiknya Walikota Makassar definitif hasil Pilkada 9 Desember 2020.

Sebelumnya Gubernur Nurdin Abdullah mengusulkan tiga nama ke Mendagri sebagai calon pengganti Iqbal. Selain Prof Yusran dua nama lainnya yakni Prof. Dr. Ir. Rudy Djamaluddin, M.Eng (Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang) dan Ir. Denny Irawan Saardi, M.Si (Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan). Ketiganya pejabat eselon II  di lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel). (riel)

Pos terkait