Prof Yusran Bakal Dicopot jadi Pj Walikota Makassar, Ini Calon Penggantinya

  • Whatsapp
Prof Yusran Jusuf Pj Walikota Makassar yang rencananya akan diganti setelah ahnaya menjabat satu bulan lebih.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR —– Prof Yusran Jusuf yang baru dilantik pada 13 Mei 2020 lalu sebagai Penjabat (Pj)  Walikota Makassar, mendadak bakal diganti. Meningkatnya jumlah kasus positif Covid-19 di Makassar jadi alasan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah melakukan pergantian.

Menurut rencana serah terima jabatan akan berlangsung Kamis atau Jumat (25 atau 26/6/2020).  Hal itu dibenarkan Nurdin Abdullah.

Lalu siapa calon pengganti Yusran? Nurdin Abdullah belum mau menyebut nama.

“Insya Allah, mudah mudahan yang terbaik,” katanya saat ditemui sejumlah wartawan di Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Makassar, Rabu (24/6/2020).

Namun menurut sumber INFOSULSEL.COM,  kemungkinan calon pengganti Yusran adalah Prof. Dr. Ir. Rudy Djamaluddin, M.Eng yang saat ini menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Sulsel.

Nama mantan guru besar Fakultas Teknik Unhas itu memang salah satu dari tiga nama yang pernahbdikirim ke Mendagri sebagai calon pengganti Iqbal Suhaeb beberapa waktu lalu. Nama lainnya Ir. Denny Irawan Saard, Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulsel.

Konon kabarnya Prof Rudy sejak awal dipersiapkan untuk menggantikan Iqbal Suhaeb. Entah mengapa nama Prof Yusran yang dikirim oleh Kemendagri.

Bupati Bantaeng dua periode itu mengaku  telah berkonsultasi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait rencana pergantian tersebut.

“Pandemi Covid-19 terus naik. Kita butuh sinergi. Apalagi Kota Makassar di bawah kendali provinsi. Kami sudah berkonsultasi dengan bapak Mendagri terkait pandangan tentang kondisi Makassar yang kasus covidnya terus naik,” jelas Nurdin Abdullah.

Menurutnya, di tengah kondisi kota Makassar saat ini  dibutuhkan sosok strong leader (pemimpin yang kuat) untuk bersatu padu guna memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Peran Pj walikota sangat penting. Saya sudah membuat skenario untuk bagaimana Makassar menyelesaikan persoalan covid-19 dengan baik, sehingga daerah lain juga bisa terselesaikan,”katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan