Andani, Alghozi, dan Aqua Siap Bantu Sulsel Tangani Covid-19

  • Whatsapp
Dr Aqua Dwipayana saat tampil sebagai pembicara di depan peserta sharing Komunikasi dan Motivasi di hotel Swiss-Belhotel Makassar, Ahad (26/7/2020).(IST)

INFOSULSEL.COM, MAKASAR — Tiga pakar dari Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nasional, Dr Andani Eka Putra, Ahmad Alghozi Ramadhan, dan Dr Aqua Dwipayana siap membantu Sulawesi Selatan (Sulsel) mengeliminasi kasus Covid-19. Dengan keahliannya masing-masing mereka akan total buat provinsi itu.

“Kami mendapat tugas dari Kepala Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Nasional Bapak Letjen TNI Doni Monardo untuk membantu Pemerintah Provinsi Sulsel menangani Covid-19. Makanya kami datang ke sini,” ujar mereka senada, Ahad (26/7/2020).

Ketiga pakar ini menyampaikan itu saat sharing Komunikasi dan Motivasi di hotel Swiss-Belhotel Makassar yang merupakan Posko Duta Wisata Covid-19 Sulsel. Pesertanya puluhan anggota Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sulsel. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel Ichsan Mustari sebagai moderator.

Dr Andani adalah Kepala Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar). Dia bersama timnya dengan peralatan dan fasilitas yg sederhana dalam sehari mampu memeriksa hingga 2.600 spesimen. Ini prestasi yang sangat membanggakan dan luar biasa.

Laboratorium yang dipimpin Andani beroperasi mulai 20 Maret 2020 setelah mendapat ijin dari Kementerian Kesehatan. Sampai sekarang seluruh petugasnya hanya libur sehari saat Lebaran Idul Fitri.

Mereka yang berjumlah 60 orang bekerja secara bergantian selama 24 jam. Targetnya setiap hari memeriksa ribuan spesimen.

Kepada seluruh peserta Andani menceritakan pengalamannya saat mendirikan laboratorium itu. Semuanya serba terbatas. Termasuk dana.

Dr Andani Eka Putra.(IST)

Pos terkait