Ini 4 Hal Penting Dilakukan Agar Sperma Makin Berkualitas

  • Whatsapp
Kualitas Sperma (IST)

INFOSULSEL.COM, – Sperma adalah salah satu unsur terpenting dalam aktivitas reproduksi seorang pria. Semakin baik kualitas sperma, maka peluang untuk mendapatkan keturunan juga makin besar. Sebaliknya pula, jika kualitas sperma bermasalah, maka peluang mendapatkan keturunan menjadi kecil.

Untuk mendapatkan dan menjaga kualitas sperma agar tetap baik, sejumlah pakar kesehatan telah menyarankan sederet aktivitas agar dilakukan secara rutin seperti berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat, dan lain sebagainya.

Muat Lebih

Dikutip dari Halodoc.com, Jumat (25/9/2020), Infosulsel.com merangkum 4 hal penting agar kualitas sperma tetap baik. Berikut daftarnya:

1. Olahraga Rutin

Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kadar testosteron dan kesuburan. Studi menunjukkan bahwa pria yang berolahraga secara teratur memiliki kadar testosteron yang lebih tinggi dan kualitas air mani yang lebih baik daripada pria yang tidak aktif. Meski demikian, terlalu banyak olahraga juga dapat dapat berdampak sebaliknya, berpotensi menurunkan kadar testosterone.

2. Mengonsumsi Vitamin C

Vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas serta meningkatkan kualitas air mani. Suplemen vitamin C juga secara signifikan dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma, sekaligus mengurangi jumlah sel sperma yang cacat.

3. Meminimalkan Stres

Stres dapat mengurangi kepuasan seksual dan mengganggu kesuburan. Stres yang berkepanjangan juga dapat meningkatkan kadar kortisol, yang memiliki efek negatif yang kuat pada testosteron. Saat kortisol naik, kadar testosteron cenderung turun.

4. Cukupi Asupan Vitamin D

Vitamin D penting untuk kesuburan pria dan wanita, karena ini adalah nutrisi lain yang dapat meningkatkan kadar testosteron. Kadar vitamin D yang tinggi terkait dengan motilitas sperma yang lebih besar, selain untuk kualitas sperma, keberadaan vitamin D memang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Pos terkait