BI Siapkan Rp600 T untuk Dorong Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Nasional

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Bank Indonesia (BI) Sulawesi Selatan ikut mendukung Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional di tengah gempuran Corona Virusdisease (Covid-19 yang sampai saat ini memberikan dampak di semua sektor, termasuk ekonomi.

Komitmen BI untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi nasional ini dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp600 Triliun.

Muat Lebih

Hal ini disampaikan Direktur BI Sulsel, Endang Kurnia melalui taklim media yang dilaksanakan di Liberica Cafe, Jalan Bonto Lempangan, Kota Makassar, Kamis (22/10/2020).

Direktur BI, yang akrab disapa Endang, juga menyampaikan 3 poin bentuk dukungan BI dalam mempercepat realisasi APBN.

“Tahun ini BI menjadi pemenang tunggal dalam pembelian SBN (Surat Berharga Negara) di pasar perdana. Sampai dengan 8 oktober BI telah membeli sebesar Rp60,18 triliun. Kedua BI juga telah memberikan pendanaan sebesar Rp229,68 triliun untuk Public Goods, yaitu pembangunan rumah sakit, jembatan dan segala infrastruktur umum,” jelasnya.

“adapun poin ketiga yaitu, pendanaan untuk mendukung perkembangan UMKM ditengah pandemi covid-19, sebesar Rp90,88 triliun, jadi sekitar Rp380 triliunan uang yang telah dikeluarkan BI untuk mendorong percepatan ekonomi nasional, dan masih tersisa sekitar Rp220 triliunan dari jumlah total keseluruhan yakni Rp600 Triliun yang kami siapkan untuk percepatan pemulihan ekonomi Indonesia,” tambahnya.

Di sisi lain, Endang Kurnia Saputra meyampaikan bahwa untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah BI konsisten untuk mempertahankan suku bunga.

“BI kembali mempertahankan suku bunga diangka 4.00% pada oktober 2020, angka tersebut bertahan sejak juli 2020, dimana telah terjadi penurunan empat kali selama tahun 2020 ini yaitu Februari, Maret, Juni dan Juli. Keputusan ini tentu saja untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah, ditengah inflasi yang diperkirakan tetap rendah,” papar Endang.(rani)

Pos terkait