Terhitung Olahraga hingga Menyehatkan Otak, Ini Manfaat Bercinta di Pagi Hari

  • Whatsapp
ILUSTRASI

INFOSULSEL.COM, – Bercinta merupakan kebutuhan biaologis bagi manusia, khususnya yang telah resmi alias halal. Di fase umur tertentu, tidak bercinta dalam durasi lama akan memberikan efek psikologis yang tentu tidak baik.

Begitu pula sebaliknya. Lewat bercinta, pasangan suami isteri akan mendapatkan segudang manfaat. Lalu apakah bercinta baik dilakukan juga saat pagi hari?.

Muat Lebih

Sederet penelitian menyebutkan bahwa bercinta di pagi hari juga memberikan efek yang tidak main-main. Dikutip dari klikdokter.com, Senin (18/10/2020), Infosulsel.com merangkum, setidaknya ada tuju manfaat bercinta di pagi hari. Berikut daftarnya:

1. Pereda Stres Alami
Bercinta di pagi hari dapat memengaruhi suasana hati (mood) saat memulai beraktivitas. Saat bercinta, tubuh akan mengeluarkan hormon oksitosin dan endorfin, yang membuat menciptakan perasaan nyaman dan bahagia. Hal ini juga membuat Anda merasa dicintai dan dekat dengan pasangan.

2. Terhitung sebagai Olahraga
Bagi Anda yang memperhatikan berat badan tapi malas berolahraga, bercinta di pagi hari bisa jadi solusi. Ya, manfaat seks selama 20 menit diketahui dapat membakar hampir 150 kalori.

3. Membangunkan Otak Anda
Bercinta sampai tingkat orgasme (klimaks) sangat baik untuk otak. Oksigen dan aliran darah ke otak akan meningkat secara alami. Otak Anda pun akan “terbangun” dan siap untuk memulai aktivitas.

4. Menyehatkan Tubuh
Sebuah riset menemukan bahwa manfaat seks di pagi hari dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dengan meningkatkan kadar IgA, yaitu antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi.

Bercinta juga menurunkan risiko seseorang mengalami tekanan darah tinggi dan serangan jantung.

5. Siklus Haid Lebih Teratur
Pada wanita, bercinta akan memengaruhi kadar luteinizing hormone (LH). Ini adalah hormon yang membantu tubuh mengatur siklus menstruasi dan ovulasi.

6. Pria “Bertahan” Lebih Lama
Kadar hormon testosteron pria tertinggi terdapat di pagi hari. Itulah sebabnya, libido pria pun lebih tinggi pada waktu ini.

7. Kesehatan Otak
Bercinta di pagi hari juga dapat membantu meningkatkan kesehatan otak. Selain memproduksi hormon oksitosin dan endorphin, tubuh juga memproduksi hormon dopamin.

Hormon ini membantu membuat suasana hati menjadi senang sehingga dapat membantu meningkatkan fungsi kognisi otak. Apabila kognisi otak meningkat maka perkembangan fungsi-fungsi otak juga meningkat. (nw)

Pos terkait