4 Desa di Indonesia Diterjang Hujan Es, Kok Bisa?

  • Whatsapp
Hujan Es

INFOSULSEL.COM, MAKASAR – Hujan es baru saja menerjang Indonesia. 4 Desa di dua kecamatan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat diterjang fenomena langka itu pada sekitar pukul 15.20 Wita, Minggu, 22 November 2020. Ke empat desa itu adalah Desa Kotaraja, Tetebatu, dan Tetebatu Selatan, serta Desa Perian.

Sebelum terjadi hujan es, sejumlah titik di Indonesia memang tengah diterpa intensitas hujan yang cukup tinggi. Berselang lama, 4 desa yang berlokasi di Kecamatan Sikur dan Montong Gading, Lombok Timur itupun dikagetkan dengan jatuhnya hujan es.

Muat Lebih

Dalam keterangan resmi yang didapatkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok Tengah, Senin (23/11/2020), dalam fenomena hujan es di Lombok itu terlihat butiran es itu terbentuk seperti batu kerikil yang sebelumnya  awan berbentuk konventif atau Cumulonimbus.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok Tengah, Levi Ratnasari, mengatakan, dari hasil pantauan radar di sekitar Montong Gading memiliki awan konventif atau Cumulonimbus.

“Terlihat suhu puncak awan Cumulonimbus terpantau sangat dingin yakni mencapai -80 (derajat celsius),” ungkap Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Zainuddin Abdul Madjid Lombok Tengah, Levi Ratnasari seperti dikutip dari viva.co.id.

Perlu diketahui, kata Levi Ratnasari, awan Cumulonimbus atau dikenal dengan awan Cb ini dapat terbentuk akibat adanya pemanasan yang kuat di permukaan.

“Serta udara yang labil di wilayah tersebut,” sambung Levi Ratnasari.

Pos terkait