Angka Positif Covid-19 di Makassar Naik Dua Kali Lipat

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Kasus positif Covid-19 di Kota Makassar melonjak drastis. Peningkatannya dua kali lipat dari sebelumnya.

Ketua Tim Epidemiologi Covid-19 Makassar, Ansariadi mengungkapkan, dalam sehari bisa mencapai 150 hingga 200 kasus positif.

Muat Lebih

“Dilaporkan dibanding dulu biasanya dalam waktu seminggu kita bisa dapat 100-200 kasus positif. Sekarang meningkat hingga dua kali lipatnya,” ujarnya.

Sepanjang Desember, dalam sepekan penambahan kasus positif Covid-19 di Makassar tembus 683 kasus. Sementara pekan lalu penambahan hingga 1.273 kasus.

“Ini adalah kasus yang paling tinggi, ada beberapa penyebab terjadinya penyebaran masif ini, mulai dari pilkada, libur panjang, demonstrasi kemudian kegiatan warga yang mulai aktif seperti biasa,” terangnya.

Meski begitu, Kota Makassar masih berada di zona orange. Sebab, Dinas Kesehatan aktif mencari kasus dengan membuka swab gratis di beberapa puskesmas di kota Makassar.

“Jumlah kasusnya memang lebih banyak dibandingkan dulu kita di zona merah. Tetapi yang menjadi pertimbangan adalah upaya untuk mencari. Sekarang ini hampir 3.000 (testing-red) per hari. Tiga kali lipat mencarinya. Kalau dulu testing kita hanya di bawah 1.000 per hari,” jelasnya.

Untuk menekan angka penularan, Pemkot Makassar kembali melakukan pembatasan kegiatan masyarakat. Melalui surat edaran, yang memutuskan untuk mengurangi jam operasi Mal, kafe, restoran dan tempat lainnya.

“Dengan upaya ini penularan lanjut bisa dikendalikan,” terang Ansariadi. (andi)

Pos terkait