KPU Makassar Serahkan Hasil Penetapan Pilwali 2020 ke DPRD

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Komisi Pemiliham Umum (KPU) Kota Makassar menyerahkan salinan hasil penetapan wali kota dan wakil wali kota Makassar terpilih kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar.

Penyerahan tersebut dilakukan di ruang pimpinan DPRD Kota Makassar, Senin (25/1/2021), yang dihadiri oleh Ketua DPRD Rudianto Lallo, Wakil Ketua Andi Suhada Sappaile, Ketua Komisi C Abdi Asmara dan Ketua Komisi D Wahab Tahir.

Bacaan Lainnya

Selain itu, turut hadir Ketua Bapemperda Erick Horas,  juru bicara Bamus Kasrudi serta Plt Sekwan Andi Bukti Jufri.

Ketua KPU Kota Makassar, Faridl Wadji mengungkapkan, secara normatif dan secara adninistratif seluruh proses pemilihan telah selesai. Maka, sebagaimana Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 pasal 160 ayat 6 tahum 2015,  salinan penetapan wajib diserahkan ke DPRD untuk diteruskan ke Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel).

“Dengan rampungnya seluruh tahapan Pilwali, kami berterima kasih kepada seluruh elemen, khususnya dukungan DPRD Makassar atas suksesnya proses gelaran kontestasi politik ini. Karena Pilkada kali ini sukses dan paling sportif,” kata Faridl, Senin (25/1/2021).

Sementara, Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran KPU Makassar atas kerja kerasnya, sehingga Pilkada dapat terselenggara dengan baik, aman dan damai.

“Selanjutnya, kami segera menindaklanjuti dengan menggelar rapat paripurna pengumuman hasil penetapan KPU tentang pasangan calon wali kota dan wakil wali kota terpilih. Hasil paripurna kita lanjutkan ke kemendagri melalui gubernur,” ucap Rudi.

“Harapan kami, pasangan Danny-Fatma bisa dilantik secepatnya,” sambung Rudi, politisi Nasdem berlatar lawyer ini.

Sementara itu, Ketua Komisi D Bidang Pendidikan dan Kesejahteraan, Wahab Tahir menambahkan harapan yang sama, DPRD segera mengirim hasil penetapan kepada kemendagri menyusul pemerintah daerah definitif di Makassar sudah terlalu lama kosong. Ia berharap, Februari 2021 wali kota terpilih sudah dapat dilantik.

“Setelah penyerahan berkas ini hingga pada sampai pada gubernur, harapan kami, wali kota terpilih segera dilantik. Kita sudah lama kekosongan pemerintahan definitif,” ungkap Wahab. (andi)

Pos terkait