Peringati HUT ke 49, Basarnas Sulsel Optimis Tingkatkan Layanan

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Badan Pencarian dan Petolongan Nasional (Basarnas) Sulawesi Selatan (Sulsel), Peringati hari ulang tahun (HUT) Badan nasional pencarian dan pertolongan (Basarnas) ke 49.

Kegiatan ini di fokuskan di Kantor Pencarian dan Pertolongan Sulawesi Selatan, yang terletak di jalan Bandara Sultan Hasanuddin, Kota Makassar, Minggu (28/02/2021) pagi.

Muat Lebih

Pada acara ini di hadiri oleh Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, perwakilan TNI AU, kepolisian, Satpol PP dan berbagai instansi terkait yang bermitra dengan Basarnas.

Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Djunaidi berharap, di HUT Basarnas ke 49 ini kesiapsiagaan operasi khususnya di Sulsel semakin maju, mulai dari kepiawaian personil serta meningkatkan jumlah potensi semakin bertambah.

“Pertama, dari kesiapsiagaan mulai dari tingkat personil, pelatihan untuk senantiasa mengingat yang dikatakan bagaimana caranya mencari dan menolong sesuai standar prosedur. Juga dari segi peralatan akan diprioritaskan,” ujar Djunaidi di Kantor Basarnas Sulsel, Minggu (28/2/2021).

Djunaidi juga berharap, sinergitas antara TNI-Polri sebagai potensi dan seluruh terkait serta instansi terkait terhadap pencarian korban itu tetap terjaga dengan baik.

“Ini yang dibutuhkan, keberhasilan operasi SAR untuk menjaga potensi SAR ini khususnya di Makassae untuk menjadi kota yang terindah kemudian daerah yang bebas dari kecelakaan bencana serta kondisi yang membahayakan manusia,” urai Djunaidi.

Lebih lanjut, kedepannya setiap potensi SAR yang ada di daerah-daerah juga akan ditingkatkan.

“Yang ada di setiap daerah adalah memang kita butuh ditingkatkan untuk penambahan personil. Personil Basarnas itu sendiri sangat kurang. Tetapi, dengan adanya UU nomor 9 tahun 2014 bahwa potensi SAR itu termasuk TNI-Polri kemudian instansi terkait dan seluruh masyarakat. Jadi kalau 100 orang bisa menjadi 1000 orang atau 10.000 orang,” demikian kata Djunaidi.

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengatakan, eksistensi Basarnas tetap menjadi tumpuan dalam operasi SAR. Olehnya itu ia berharap dalam hal pencarian dan pertolongan, Basarnas harus tetap menjadi garda terdepan.

“Reputasi Basarnas memperoleh pandangan yang sangat baik oleh masyarakat. Selain tugasnya besar, punya tantangan besar dan tidak bisa kerja sendiri baik pusat maupun daerah.”

“Hal lain, Basarnas dipandang tidak hanya profesional dan militan tapi juga humanis dan kearifan lokal. Olehnya itu, kami selaku Pemerinrah kota mendukung penuh segala program-program yang akan dicanangkan nantinya. Sinergitas dan koordinasi yang cepat harus selalu dikedepankan,” kata Danny. (andi)

Pos terkait