Hari Kedua Gagal Dulang Medali, Sulsel Turun di Posisi 13

Muthia Nur Cahya atlet senam andalan Sulsel gagal menyumbang medali emas kedua setelah hanya berada di urutan keenam final artistik artistik putri nomor balok keseimbangan.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, JAYAPURA –— Perolehan medali Sulawesi Selatan (Sulsel)  di hari kedua PON XX Papua 2021, tidak bertambah. Posisi di klasemen sementara turun. Padahal  Minggu (3/10/2021) kemarin sempat berada di urutan sembilan.

Sampai pukul 00.01 WITA, Selasa dinihari, (5/10/2021) posisi Sulsel turun di posisi 13 dengan perolehan medali 2 emas,3 perak dan 3 perunggu.  Tiga cabang olahraga (Cabor) yang diharap bisa mendulang medali, gagal terwujud.

Bacaan Lainnya

Ketiga atlet yang tampil di final yakni  Putra Syahrul Ramadhan, cabor Panjat Tebing nomor Lead Perorangan di arena Panjat Tebing SP, Mimika. Selanjutnya Wamnda Agustina cabor Open Water Swimming (OWS) 5000 meter dan senam artistik kategori balok keseimbangan,  Muthia Nur Cahya, juga gagal. Ia hanya berada di posisi enam. Skor yang dikumpul hanya 10.533. Di nomor ini wakil Jawa Timur Jelena Sandra meraih emas dengan nilai 12.300. Selanjutnya  perak dan perunggu diborong DKI Jakarta melalui atlet andalannya Nadia Indah dengan nilai 11.866 dan Trithalia dengan nilai 11.833.

Sementara itu cabor voli pantai Sulsel harus gugur di babak penyisihan setelah tiga kali menelan kekalahan. Begitu juga cabo andalan Sulsel, sepakbola juga tersingkir di penyisihan grup meski menang lawan 2-1 melawan Jawa Tengah di pertandingan terakhir.

Pelatih Panjat Tebing Sulsel Fachruddin Kadir mengakui anak asuhnya gagal berprestasi setelah hanya berada di posisi ke 12.

“Tapi masih ada dua nomor campuran yang tersisa. Saya berharap di nomor ini kita bisa meraih medali,” katanya saat dikonfirmasi.

Fachruddin mengaku, nomor campuran ini memang sejumlah atlet dari Jawa menjadi saingan kuat. “Saingan Sulsel, Jatim, Jabar dan DKI Jakarta. Tapi mudah-mudahan kita bisa bersaing,” ujarnya.

“Kita masih berharap di beberapa nomor seperti nomor 10.000 dan 3000 meter. Mudah-mudahan  di nomor ini bisa menyumbang medali,” timpal Atman Amir, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Sulsel.

Sementara itu pada hari ketiga Selasa, (5/10/2021) para atlet dari 10 cabor akan berlaga demi meraih prestasi. Masing-masing dayung, menembak, atletik, renang OWS, renang akuatik, layar, catur, panjat tebing, anggar dan cabor tinju.(riel)

Pos terkait