Papua Barat Protes Keputusan Hakim, Jendral Komaruddin Simanjuntak ‘Naik Ring’

Ketua Umum PP Pertina Mayjen Purn Komaruddin Simanjuntak saat meredam insiden di dalam venue tinnu PON XX Papua di GOR Cendrawasih, Kota Jayapura.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Kericuhan sempat mewarnai pertandingan di venue cabang olahraga (cabor) tinju PON XX Papua 2021di GOR APO Cendrawasih, Kota Jayapura, Selasa (5/10/2021). Ketua Umum PP Pertina, Komaruddin Simanjuntak mengancam akan ‘mengarungkan’ wasit hakim selama satu tahun jika melakukan kesalahan tiga kali.

Insiden terjadi usai pengumuman hasil pertandingan di kelas terbang ringan (45-48 kg) putri antara Merlin Tomalata dari Papua Barat dan wakil tuan rumah, Hana Kendi.

Keputusan wasit dan hakim yang menyatakan Hana Kendi menang, direspons dengan lemparan botol air mineral oleh kubu Papua Barat ke arah para pengadil. Mereka melancarkan protes keras.

Respon keras juga datang dari puluhan suporter Papua Barat yang berada di tribun selatan. Mereka menghujat para pengadil pertandingan dengan teriakan-teriakan.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PP Pertina) Mayjen Purn. Komaruddin Simanjuntak langsung menyambar mike dan naik ke atas ring. Mantan Pangdam Udayana ini berusaha meredam suasana yang sedang memanas.

Pertarungan ‘saudara’ antara petinju tuan rumah Papua Hana Kendi (sudut biru) melawan wakil Papua Barat Merlin Tomalata (sudut merah) di kelas terbang ringan (45-48 kg) putri. (FOTO: SRI SYAHRIL)

Pos terkait