Pengwil Ikatan Notaris Indonesia Sulsel gelar Jalan Santai dan Donor Darah

Gerak Jalan Santai INI Sulsel

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Memperingati Hari Jadi Ikatan Notaris Indonesia (INI) ke 114 Tahun, Pengurus Wilayah INI Sulawesi Selatan menggelar Jalan Santai dan Donor Darah, Sabtu (30/07).

Kegiatan ini diawali dengan senam pagi di Kantor Wilayah Kementrian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan di Jl. Sultan Alauddin No.102 Makassar diikuti Ketua DPRD Sulsel, Andi Ina Kartika Sari, dan sejumlah pengurus Wilayah INI Sulsel.

Jalan Santai mengambil start dari Kantor Kanwil Kemenkumham Sulsel menuju Jalan Sultan Alauddin, AP Pettarani, Boulevard dan Finish di Kantor Sekretariat Pengwil INI Sulsel Jalan Topaz Ruko Zamrud  I Blok E/8 Makassar.

Dalam laporannya Ketua Panitia Jalan Santai dan Donor Darah, Dedy Ardiansyah mengatakan, jalan santai dan donor darah ini merupakan rangkaian Hari Jadi Ikatan Notaris Indonesia yang ke 114 Tahun.

“Dihari jadi Ikatan Notaris Indonesia ke 114 Tahun ini berdiri, adanya sebuah perasaan yang sama dan kesadaran dari diri kita bisa bersama-sama ditempat ini dalam wadah ikatan notaris indonesia. Selain adanya konstribusi dari semua pihak, kami sampaikan banyak terima kasih atas dukungannya,” jelas Dedy Ardiansyah.

Ketua Pengwil INI Sulsel Dr. Abdul Muis, SH, MH, dalam sambutannya menyampaikan, dihari jadi INI yang ke 114, tentunya pengurus semakin dewasa mengadapi tantangan dalam menghadapi era 4.0. Menurutnya sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah dalam hukum privat, notaris mampu memgemban amanah sebagai pelayan masyarakat.

“Tantangan notaris kedepan khususnya diera 4.0, notaris sebagai perpanjangan tangan pemerintah untuk pelayanan masyarakat dalam hal hukum privat, notaris ada karena masyarakat” , jelasnya.

Selain itu, Dr. Abdul Muis berharap agar menjalin kebersamaan menjaga harkat dan martabat sebagai notaris dalam menyambut berbagai momentum untuk menyingkirkan semua perbedaan, termasuk membangun sinergitas diantara berbagai pihak.

“Sebagai notaris mari kita berangkat memberikan warna, menjaga harkat dan martabat, kalo bukan kita yang mencintai organisasi, siapa lagi. Inilah pentingnya kita membangun sinergitas diantara Aparat penegak hukum, termasuk diantaranya dengan kementrian hukum dan ham, dan akademisi yang merupakan asal kita mengemban ilmu”, jelasnya.

Sementara itu, saat ditemui, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kemenkumham Sulsel, Nur Ichwan, SH, MH, menyampaikan selamat atas hari jadi Ikatan Notaris Indonesia, pihaknya berharap INI dapat merangkul notaris notaris muda yang ada agar lebih erat lagi hubungannya dan menjadikan organisasi ini menjadi keluarga besar.

“Atas nama Kantor Wilayah Kemenkumham Sulsel menyampaikan selamat ulang tahun Ikatan Notaris Indonesia ke 114, semoga semakin kompak dan eksis lagi, dan diharapkan organisasi ini dapat merangkul notaris muda agar terjalin hubungan sebagai keluarga besar notaris yang ada di Sulawesi Selatan.

Hal senada juga diungkapkan Ketua DPRD Sulsel Ina Kartika Sari saat ditemui menyampaikan di Hari jadi ke 114 Ikatan Notaris Indonesia harus mampu memperlihatkan kebersamaan dan keutuhan sebagai suatu wadah organisasi. Menurutnya kebersamaan itu penting untuk membesarkan mama organisasi, notaris termasuk mitra dari pemerintah provinsi Sulawesi Selatan dalam membuat akte akte otentik untuk kepentingan masyarakat Sulsel.

“Ikatan Notaris Indonesia adalah mitra pemerintah provinsi sulaweesi selatan, karena notaris itu, bagian dari masyarakat dalam membuat akte akte otentik kepentingan masyarakat, sekali lagi selamat hari jadi Ikatan Notaris Indonesia ke 114 Tahun”, jelas Ina Kartika Sari yang juga pernah menjadi bagian Pengwil INI Sulsel.

Turut dihadiri Dekan Fakultas Hukum Unhas, Prof. Dr. Hamzah Halim SH MH, Ketua PMI kota Makassar, Syamsu Rizal, dan beberapa pengurus INI se Kabupaten Kota di Sulsel.(*)

Pos terkait