Jangan Beli Hewan Qurban Sembarangan

Hewan Qurban, IST

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Jelang Hari Raya Idul Qurban pedagang hewan menjamur di pinggir-pinggir jalan. Dinas Perikanan dan Pertanian (DP2) Kota Makassar mengimbau masyarakat tidak membeli sapi di pinggir jalan yang belum terjamin kesehatannya.

Kepada DP2 Makassar, Abd Rahman Bando menegaskan timnya tidak akan melakukan layanan pemeriksaan terhadap hewan ternak yang banyak dijual di pinggir-pinggir jalan.  Alasannya, keberadaan merusak program Makassarta Tidak Rantasa (MTR) dan merusak estetika kota.

Bacaan Lainnya

DP2 Makassar memulai pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan qurban yang diperjualbelikan.  Pemerikasaan ini bertujuan untuk memberikan rasa aman akan hewan qurban yang akan diqurbankan layak untuk dijadikan hewan qurban.

Ada 200 petugas pemeriksa yang dibagi lima tim menyebar di 14 kecamatan, termasuk satu tim laboratorium. Syarat yang harus dipenuhi adalah syarat menurut kesehatan hewan dan syarat berdasarkan syariat.

Menurut Rahman Bando pemeriksaan ini juga dilakukan guna memastikan hewan hewan qurban tersebut terbebas dari penyakit menular seperti antrax.

“Setiap satu ekor hewan kurban yang telah diperiksa dan dinyatakan layak akan diberikan satu Surat Keterangan Kesehatan Hewan Kurban (SKKHQ) berwarna merah muda dan diberi tanda pada tanduknya dengan nomor sesuai SHKKQnya,” jelas Rahman melalui rilis yang diterima INFOSULSEL.COM, Selasa (29/8/2017).

Untuk hewan qurban yang tidak layak saat itu juga dilakukan pengambilan sampel darah secara acak untuk diperiksa di Laboraturium Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) DP2 Makassar.  “Jika ada hewan yang mengidap penyakit langsung diisolasi dan diberi pengobatan,” katanya.

Penulis : Aril

 

 

Pos terkait