90 Menit 2 Kandidat Calon Walikota Makassar Diuji

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Makassar akan menggelar debat kandidat 2 pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar di Hotel Grand Clarion, Makassar, Jumat (16/3/2018) malam.

Ketua KPU Makassar, Syarief Amir menjelaskan setiap pasangan calon akan membahas visi dan misi.  Juga akan ada segmen yang akan membahas detail program kerja.

Bacaan Lainnya
Kemampuan 2 calon walikota Makassar Munafri Arifuddin dan Moh Ramdhan Pomanto akan diuji selama 90 nenit di debat kandidat di Hotel Grand Clarion, Jumat (16/3/2018) malam ini.(FOTO: ASRIL SYAHRIL)
“Ada tiga materi pokok yang akan menjadi bahasan debat kandidat nanti. Ketiganya infrastruktur transportasi, hukum pemerintahan dan sosial perkotaan,” jelas mantan wartawan ini.

KPU Makassar telah menetapkan beberapa pakar sebagai panelis di debat kandidiat ini. Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Syarif menjamin para panelis  betul-betul independen.

“Panelis itu ada etikanya. Harus betul-betul orang-orang yang tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon,” tegas Syarief.

Para panelis yang akan menguji kemampuan pasangan calon Mnafri Arifuddin-Rachmatika Dewi (Appoi-Cicu) dan Moh Ramdhan Pomanto-Indira Mulyasari Paramastuti Ilham (DIAmi) diantaranya Prof Muin Fahmal (Guru Besar Fakultas Hukum UMI), Dr Ramli AT (Sosiolog Perkotaan Unhas) dan Ir Lambang Basri MT (Ahli Transportasi). Debat ini akan dipandu Dr Iklbal Sultan, Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Unhas sebagai moderator.

Debat publik dalam tahapan kampanye Pilkada Makassar akan menjadi ajang bagi dua pasangan calon kepala daerah menguji visi dan misi dalam membangun ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan ini periode 2019-2024 mendatang.

Debat  publik merupakan sarana penting bagi dua pasangan calon untuk menguji ketajaman dokumen visi dan misi mereka untuk bisa menjadi calon kepala daerah. Ajang ini merupakan sarana yang baik untuk mengukur sejauh mana keseriusan tiap paslon membenahi permasalahan-permasalahan yang ada di kota Makassar.

Sesi debat ini berdurasi 90 menit dan dibagi enam segmen. Dimulai pemaparan visi dan misi kedua pasangan calon. Kemudian, sesi ke-5 jadi bagian pamungkas: pasangan kandidat saling bertanya dan menanggapi. Sesi terakhir, setiap pasangan calon diberi waktu menyampaikan pernyataan penutup.

Agenda debat perdana ini akan berlangsung sejak pukul 19.30 WITA dan disiarkan langsung melalui iNewsTV. Durasi selama 90 menit ditambah jeda iklan 30 menit.

 

Penulis : Asril Syahril

Pos terkait