Hardiknas, Mahasiswa UNM Suarakan Pencabutan UU Perguruan Tinggi dan Demokrasi Kampus

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Aliansi Mahasiswa Universitas Negeri Makassar (UNM) menyambut hari pendidikan nasional dengan menyuarakan tuntutannya di depan Menara Pinisi UNM, Jl. A. P. Pettarani, pada Rabu (2/5/2018).

Mereka menyuarakan dua tuntutan yaitu mencabut Undang-Undang Perguruan Tinggi No.12 Tahun 2012 dan mengembalikan demokratisasi kampus bagi mahasiswa di lingkup UNM.

Muat Lebih

“Menyambut hari pendidikan ini, kami menuntut mencabut UU PT No.12 yang menjadi dasar yang membuat pendidikan di negeri ini semakin mudah untuk dikomersialisasikan,” ungkap Ari, koordinator lapangan aliansi mahasiswa UNM.

Menurutnya, pengesahan UU PT No.12 ini melahirkan peraturan-peraturan baru yang hanya semakin mengekang mahasiswa dalam segi finansial.

“Akibatnya semakin tahun semakin banyak mahasiswa yang berhenti melanjutkan kuliahnya karena biaya kuliah yang semakin tahun semakin mahal,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Ari juga menginginkan ruang berdemokrasi di kampus juga dibuka selebar-lebarnya. Pasalnya, Ia membeberkan dalam pembuatan aturan yang bersinggungan langsung dengan mahasiswa sangat jarang melibatkan mahasiswa.

“Kami ingin dalam perumusan aturan tentang kemahasiswaan itu mahasiswa juga dilibatkan. Apalagi birokrasi kampus sekarang sering mengeluarkan kebijakan yang menjerat mahasiswa dan mereka tidak ingin dikritisi,” pungkasnya.

Penulis: Adriyan
Editor : Yudhi

Pos terkait