Pengurus Klenteng se Kecamatan Wajo Dipanggil ke Polres Pelabuhan Makassar

Rapat Koordinasi Persiapan Jappa Jokka/Cap Go Meh Tahun Baru Imlek 2570 di Ruang Rapat Bhayangkari Mapolres Pelabuhan Makassar, Jum'at (1/2/2019).

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Kepolisian Resor (Polres) Pelabuhan Makassar menggelar Rapat Koordinasi dalam rangka persiapan perayaan acara tahunan Jappa Jokka (Cap Go Meh) Tahun Baru Imlek 2570 di Ruang Pengurus Bhayangkari Markas Polres (Mapolres) Pelabuhan Makassar, Jum’at (1/2/2019).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Wakil Kepala Polres (Wakapolres) Pelabuhan Makassar, Kompol Suaeb A. Majid didampingi Kepala Bagian (Kabag) Opsnal Polres Pelabuhan Makassar, Kompol Tambah Hamid S.Sos.

Bacaan Lainnya

Dalam rapat koordinasi tersebut, ada beberapa poin yang disepakati, diantaranya pada hari perayaan Cap Go Meh nanti, pihak pelaksana berkordinasi dengan pihak kepolisian terkait masalah penataan lapak-lapak dan para pedagang asongan.

Bagi pihak pengamanan, akan berfokus terhadap 3 tahap perayaan Imlek yakni pada 5 Februari, 12 Februari, dan puncaknya 19 Februari saat Perayaan Jappa Jokka (Cap Go Meh).

Selain itu, pihak pelaksana juga diminta untuk mensosialisasikan penyelenggaraan acara tersebut.

Jadi disarankan kepada para pengurus Klenteng dan Vihara agar bisa menyiapkan pengamanan internal dari pihak pengurus klenteng untuk menjaga keamanan kegiatan.

Sedangkan untuk pelaksanaan atraksi barongsai agar terlebih dahulu mengkoordinasikan dengan pihak kepolisian untuk kelancaran arus lalu lintas nantinya.

Pada kesempatan tersebut, Wakapolres Pelabuhan Makassar, Kompol Suaeb A. Majid mengingatkan, beberapa hal yang bisa menjadi kendala pada saat pelaksanaan kegiatan.

“Yang bisa menimbulkan masalah pada saat perayaan Cap Go Meh yakni tidak adanya koordinasi dengan pihak penyelenggara dengan para pemilik toko atau rumah di sepanjang lokasi giat tersebut,” jelasnya.

Disisi lain, pihak Pengurus Vihara menyampaikan apresiasinya mengenai rapat koordinasi ini dan berharap tahun depan tetap dilaksanakan hal yang serupa sehingga tercipta rasa aman dan nyaman bagi umat dalam menjalankan ibadah.

Turut hadir pula Kepala Polsek (Kapolsek) Wajo Kompol Kodrat Muh Hartanto S.Ik, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Opsnal AKP Mursalim, Kepala Satuan (Kasat) Intel AKP Deny Ratmodiharjo, S.Sos.

Kasat Lalu Lintas (Lantas) AKP Supriyanto S.Sos, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Wajo Syahrial, Ketua Walubi Ir. Yongris, Kepala Unit (Kanit) IV Sat IK Aiptu Faisal, Perwakilan dari masing-masing pengurus Klenteng dan Vihara Kecamatan Wajo, dan Perwakilan dari Go Green.(*/RP/16)

Pos terkait