Dijaga Ketat Polisi, 450 Calon Jemaah Asal Gowa Diberangkatkan ke Asrama Haji

INFOSULSEL.COM, GOWA – Guna mengantisipasi segala bentuk gangguan kamtibmas, Polres Gowa mengerahkan sejumlah personil untuk melakukan pengamanan dan pengawalan ketat terhadap Embarkasi Jemaah Haji asal Kabupaten Gowa, Selasa (9/7/2019) di Kantor Departemen Agama, Jl. KH. Agus Salim, Kec. Somba Opu, Kab. Gowa.

Menurut data yang dihimpun, sebanyak 110 personil yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Gowa, Kompol Sudaryanto dikerahkan untuk mengamankan Embarkasi Jemaah Haji Kloter 5 yang berjumlah 450 orang dari Kabupaten Gowa menuju Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar.

Bacaan Lainnya

Para personil ini juga telah lebih dulu disiagakan di lokasi pemberangkatan sejak pukul 02.00 Wita dini hari hingga seluruh jemaah selesai diberangkatkan sekitar pukul 07.00 Wita.

Banyaknya pengantar dari jemaah calon haji ini pun menjadi fokus tersendiri bagi personil Polres Gowa dalam melaksanakan pengamanan, mulai dari membatasi para pengantar untuk masuk ke lokasi aula persiapan keberangkatan, hingga memastikan keamanan para pengantar dari aksi kejahatan.

Disela-sela tugas, Kabag Ops mengatakan, pihaknya telah memploting seluruh personil terlibat di beberapa titik, mulai dari area Kantor Departemen Agama hingga sejumlah ruas jalan guna mencegah terjadinya kepadatan arus.

“Beberapa personil juga kita sebar untuk berbaur di tengah kelompok pengantar jemaah haji, guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti aksi copet maupun gangguan kamtibmas lainnya,” jelas Kompol Sudaryanto.

Ditempat yang sama, Wakapolres Gowa, Kompol Muh. Fajri Mustafa menyebut, aparat kepolisian akan berupaya semaksimal mungkin dalam memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat, utamanya kepada jemaah calon haji dalam proses pemberangkatan.

“Kami akan berupaya semaksimal mungkin untuk memastikan proses pemberangkatan jemaah haji ini gelombang pertama ini dapat berjalan aman dan lancar, tanpa diwarnai hal-hal yang dapat menghambat maupun mengganggu masyarakat,” tutur Wakapolres.

Adapun jemaah calon haji yang terdiri dari 450 orang ini diberangkatkan menggunakan 10 bus, yang juga dikawal langsung oleh Patwal Polres Gowa. Untuk diketahui, tahap pemberangkatan Embarkasi Jemaah Haji 2019 ini akan dilakukan sebanyak tiga kali, yang dimulai pada hari ini tanggal 9 Juli, 22 Juli, dan 4 Agustus mendatang. (*RP)

Pos terkait