Survei LSI, Adnan Purichta Ungguli Darmawangsah dan Amir Uskara

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Lingkaran Survei Indonesia (LSI) mengeluarkan hasil survei calon kandidat bupati Kabupaten Gowa.

Hasilnya Incumbent, Adnan Purichta Ichsan jauh mengungguli kandidat lainnya termasuk Darmawangsyah Muin dan Amir Uskara dengan elektabilitas mencapai 60 persen.

Muat Lebih

Hasil survei LSI dengan mengambil sampel 800 orang diseluruh kecamatan di Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan diakui memiliki tingkat kesuakaan dan keterkenalan lebih tinggi dari kandidat lainnya dengan alasan keberhasilan sejumlah program yang dijalankannya selama empat tahun menjabat.

“Untuk Pak Adnan, itu jauh masih mengungguli dengan kandidat lainnya. Elektabilitasnya jauh mencapai diatas 60%. Untuk tingkat pengenalan dan tingkat kesukaannya pun masing-masing diatas 90%,” ungkap Khairul Aman selaku Tim Riset LSI saat Konferensi Pers di Hotel Mercure, Jl. AP. Pettarani, Makassar, Rabu (27/11/2019).

Lebih lanjut menurut Khairul, salah satu indikator tingkat penilaian incumbent, karena dilihat dari keberhasilan programnya rata-rata sangat berhasil.

“Alasan kenapa tingkat kesukaan masih tinggi, jika dikaitkan dengan persentase yang saya sebutkan karena masyarakat masih menilai bahwa program pemerintah yang disuguhkan oleh pemerintahan pak Adnan itu rata-rata sangat berhasil,” tambahnya.

“Sehingga berimplikasi pada tingkat kesukaan yang dirasakan terhadap masyarakat,” terangnya.

Adapun metode survei yang digunakan dengan metode multistage random sampling yang menjaring responden berbagai lapisan.

“Kita melihat sisi apakah responden tinggal di lingkup kelurahan atau desa, dari jenis kelaminnya, tingkat pendidikannya, hingga ke tingkat kecamatannya. Kami sesuaikan sesuai data dengan total responden 880 orang.

Sementara, elektabilitas kandidat lain itu masih rendah yaitu dibawah 15%. Yang menyusul pak Adnan itu ada Amir Uskara diangka 10,68%, sementara yang lain dibawah angka 10%. (Andi)

Pos terkait