PSM Berburu Kemenangan Pertama

  • Whatsapp
Pelatih PSM Makassar Bojan Hodak.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR-— PSM Makassar akan menghadapi Lalenok United pada babak play-off Piala AFC 2020 di Stadion I Wayan Dipta Gianyar, Rabu (22/1/2020).

Status sebagai semifinalis Piala AFC Zona Asean musim lalu membuat PSM lebih diunggulkan pada laga ini. PSM punya materi pemain yang mayoritas berpengalaman di level Asia.

Muat Lebih

Sosok pelatih Bojan Hodak yang pernah menangani Timnas Malaysia U-19 juga menjadi nilai plus buat PSM. Tapi, Hodak harus bekerja keras untuk meningkatkan kemampuan timnya. Terutama lini belakang dan depan yang mengalami perubahan signifikan.

Di lini belakang, hanya Hasim Kipuw yang bisa dimainkan saat menghadapi Lalenok. Abdul Rahman dan Asnawi Mangkualam yang tak dibawa ke Bali karena kendala kebugaran.

Padahal, PSM sudah melepas Aaron Evans, Beny Wahyudi, Taufik Hidayat plus kiper Rivky Mokodompit yang kerap jadi langganan starter PSM musim lalu.

Begitu pun di depan. Tak ada lagi nama Amido Balde, M. Rahmat dan Zulham Zamrun. PSM juga tak bisa memainkan Ezra Walian di Piala AFC 2020 karena kendala status kewarganegaraan.

Beruntung, PSM masih menyimpan deretan gelandang yang bisa jadi penyeimbang sekaligus pembeda tim. Kembalinya Wiljan Pluim yang pulih dari cedera engkel membuat serangan PSM lebih variatif.

Dengan pola 4-4-2 yang menjadi andalan Hodak, maka peran Pluim bakal lebih sentral di lapangan tengah.

Selain itu ada pemain kunci lainnya untuk mengalahkan Lalenok. Mereka di antaranya adalah Zulkifli Syukur dan Giancarlo Rodriquez.

Hodak pun sudah menyiapkan strategi khusus untuk memaksimalkan kemampuan Pluim yang dikenal dengan gocekan dan umpan terukurnya.

Laga versus Lalenok adalah pertandingan perdana Giancarlo Rodrigues bersama PSM Makassar. Striker yang musim lalu memperkuat PKNP di Liga Super Malaysia ini direkrut untuk menggantikan peran Amido Balde yang hengkang ke Ho Chi Minh City FC (Vietnam).

Meski belum teruji di PSM, suporter PSM sangat berharap pada striker dengan tinggi badan 195 cm ini.

Dalam sesi latihan, Giancarlo berkali-kali membuat gol dengan memanfaatkan kelebihannya dalam hal postur. Meski bertubuh tinggi, Giancarlo juga memiliki kecepatan. Layaknya pemain asal Brasil, Giancarlo juga memiliki skill yang baik.(riel)

Pos terkait