ARA Ingin Direksi Perusda Punya Rekam Jejaknya yang Baik

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Makassar Adi Rasyid Ali. (FOTO : SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Wakil ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali  menegaskan Pimpinan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) harus diduduki oleh figur yang memiliki rekam jejaknya bagus di mata masyarakat.

“Sebagai mitra kami minta Pemerintah Kota Makassar untuk berkoordinasi dengan legisltraif terkait figur yang akan menempatimposisi direksi di PDAM.  Sebab kami ingin direksinya nanti adalah orang-orang yang memiliki rewkam jejak yang baik,” tegas ARA, sapaan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Makassar ini.

Bacaan Lainnya

Menurut dia, PDAM salah satu Perusda yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Jadi kami tidak mau yang menjadi direksi di situ orang yang tidak memiliki kemampuan atau orang yang punya rekam kurang bagus di PDAM maupun di masyarakat,” tambahnya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah melakukan penjaringan dengan membentuk Panitia Seleksi (Pansel). Dalam proses penjaringan Pansel diisi beberapa akademisi selaku tim perumus untuk menyeleksi. Di antaranya ada Prof.Gagaring Pagalung dari Universitas Hasanuddin dan Prof. Heri Tahir dari Universitas Negeri Makassar.

Adapun beberapa nama digadang-gadang untuk menduduki posisi direksi PDAM Kota Makassar, diantaranya Hamzah Ahmad (Plt Dirut PDAM saat ini), Haris Yasin Limpo (mantan Dirut PDAM periode lalu), dan Farouk M Beta (mantan ketua DPRD Kota Makassar).

“Memang PDAM ini Perusda yang primadona. Jadi cukup wajar Pemkot Maksar mencari figur-figur yang memumpuni,” tegas ARA.

Meski demikian, legislator senior DPRD Makassar itu mengaku sampai saat ini belum mengetahui syarat dan kriteria direksi PDAM Makassar.

“Kami akan tanyakan kepada Pj walikota mengenai persyaratannya seperti apa. Apakah memang ada hal khusus untuk menjadi direksi PDAM,” ujarnya.

Pemkot Makassar sebelumnya telah menetapkan dan mengumumkan masing-masing direksi di tiga Perusda masing-masing, PD Parkir, PD Terminal dan PD Pasar. Mereka yang dinyatakan lolos dalam seleksi mayoritas diisi kalangan politisi yang tidak terpilih pada Pileg April 2019 lalu.

Berdasarkan pengumuman Nomor: 28/PAN-SEL/PERUSDA/XII/2019, tiga nama yang lolos seleks direksi PD Parkir yakni  Irham Syah Gaffar, Susuman Halim, dan Andi Fadly Fedriansyah. Sementara untuk PD Pasar  Makassar Raya, yakni Saharuddin, Nuryanto G Liwang, dan Basdir. Untuk PD Terminal yakni  Arsony, Omar Abdallah Arifuddin, dan Muhammad Achyar Hamid.

Setelah diumumkannya nama-nama direksi tiga Perusda tersebut, rencananya akan diadakan pelantikan oleh Pj Wali kota Makassar pada pertengahan Januari 2020. Namun, DPRD selaku mitra Pemkot Makassar belum mendapatkan informasi terkait jadwal pelantikan Direksi Perusda tersebut.(andi)

Pos terkait