Gilirian KPU Sumbar Belajar Kolom Kosong di Makassar

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar kembali menerima kunjungan study banding dari KPU Kabupaten Sumbawa Barat (Sumbar), Kamis (23/01/2020).

Ini kunjungan ke-33 dari sekian banyak KPUD di seluruh Indonesia yang datang ke kantor KPU Kota Makassar menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak, 23 September 2020.

Komisioner KPU Makssar, Endang Sari mengatakan tujuan kunjungan tersebut tidak lain terkait dengan fenomena Kolom Kosong pada Pilwali 2018.

“KPU Kabupaten Sumbawa Barat ini berkunjung untuk mendiskusikan kemenangan Kolom Kosong 2018 kemarin. Memang ini hal yang sangat diantisipasi menghadapi persiapan Pilkada serentak nanti,” ujar Endang.

Menurut Endang, kemenangan kolom kosong melawan calon tunggal pada Pilwali Makassar 2018 memang menarik perhatian, terutama di kalangan penyelenggara di Indonesia.

“Ada beberapa hal yang didiskusikan terkait fenomena itu. Mulai konteks sosial politik, teknis kampanye serta serta strategi dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Selain itu mencegah agar tidak terjadi pelanggaran khususnya pada pasal 71 UU No 10 tahun 2016 oleh petahana,” papar Endang.

Adapun yang hadir dari komisoner KPU Sumbawa Barat yakni  Herman Jayadi, Divisi Parmas/SDM, Rahmat Riadi,  Divisi Teknis dan Deni Wan Putra, Divisi Hukum serta kasubag Hukum dan Kasubag bagian data dan informasi. (andi/riel)

Pos terkait