Tergenang, Aktivitas Penerbangan di Bandara Halim Perdana Kusuma Lumpuh

Tergenang, Aktivitas Penerbangan di Bandara Halim Perdana Kusuma Lumpuh

INFOSULSEL.COM, JAKARTA – Hujan deras yang mengguyur wilayah Jakarta sejak Selasa (31/12/2019)  hingga  Rabu (1/1/2020) mengakibatkan aktivitas penerbangan di Bandar Udara Halim Perdana Kusuma lumpuh total. Akibatnya, seluruh penerbangan yang akan tiba maupun datang dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan,  Polana Banguningsih Pramesti mengatakan pengalihan penerbangan tersebut untuk alasan keamanan dan keselamatan.

“Aktivitas penerbangan di Bandara Halim Perdana Kusuma ditutup hingga waktu yang belum ditentukan. Sejumlah penerbangan dialihkan ke Bandar Udara Soekarno-Hatta,” jelas Polana, Rabu (1/1/2020).

Ia menambahkan kondisi terkini, air setinggi 30cm masih menggenangi runway Bandar Udara Halim Perdana Kusuma. Area bandara yang tergenang kurang lebih 500 meter.

Banjir juga menggenangi area di luar bandara. Ini membuat penumpang sulit untuk mengakses jalan menuju Halim Perdana Kusuma.

Perubahan cuaca memungkinkan adanya penundaan jadwal penerbangan (delay) dan pengalihan bandara tujuan pendaratan pesawat (divert). Polana berharap agar para pengguna jasa transportasi udara dapat memaklumi jika ada penundaan dan divert akibat perubahan cuaca.

“Cuaca ekstrim dan hujan lebat memungkinkan terjadinya delay dan divert penerbangan. Untuk kepentingan penerbangan yang selamat, aman, dan nyaman, saya berharap penumpang dapat memaklumi jika ada delay dan divert akibat cuaca buruk. Semua demi kepentingan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan kita semua,” tegas Polana. (*/riel)

Pos terkait