Demokrat dan Golkar Pilih Siapa di Pilwali Makassar? Ini Jawabannya

  • Whatsapp
Ketua DPC Partai Demokrat Kota Makassar Adi Rasyid Ali .(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –— Sejumlah petinggi partrai politik hadir pada  ‘Musyawarah Rakyat’ yang digelar oleh tim pemenangan Moh Ramdhan Pomanto di CCC, Sabtu (22/2/2020). Di antara yang hadir adalah Ketua DPC Partai Demokrat kota Makassar, Adi Rasyid Ali dan HAM Nurdin Halid, Ketua DPD Golkar Sulsel.

ARA, sapaan Wakil Ketua DPRD Kota Makassar ini pada Pemilihan Walikota Makassar 2018 didaulat sebagai Ketua Tim Pemenangan Danny Pomanto yang saat itu berpasangan dengan Indira Mulyasari Paramastuti.

‘’Ada belasan bakal calon yang mendaftar di Demokrat. Tapi semua belum final. Sampai hari ini Demokrat belum menentukan sikap. Semua masih dalam proses. Masih ada tahapan yang harus dilalui,’’ jelas ARA, Ahad (23/2/2020).

Menurut adik kandung politisi senior yang juga salah satu pendiri Partai Demokrat,  Reza Ali ini,  semua calon punya peluang yang sama.

‘’Nantilah dilihat. Ini belum final. Semua calon  punya peluang yang sama. Yang pasti Demokrat tahu cara menang,” tegas ayah tiga anak ini.

Untuk diketahui di DPRD Kota Makassar memiliki enam kursi. Jumlah kursi yang sama juga dimiliki partai Nasdem dan PDI Perjuangan. Lima partai lainnya  yakni Golkar, Gerindra, PAN, PPP dan PKS kebagian lima kursi hasil Pileg 2019 lalu.

Sementara itu empat partai masing-masing punya kursi bervariasi. Hanura, tiga kursi, Perindo, dua kursi, Berkarya dan PKB kebagian masing-masing satu kursi.

Sampai akhir pekan ini baru Nasdem yang secara tegas telah memberikan rekomendasi kepada Danny Pomanto. Namun mantan Walikota Makassat periode 2014-2019 itu masih harus mencari tambahan partai untuk berkoalisi guna menggenapan 10 kursi sebagai syarat minimal maju di kontestasi poltik lima tahunan tersebut.

‘’Akan ada partai lain menyusul. Tungguma,” tegas Danny kepada INFOSULSEL.COM beberapa waktu lalu.

Danny tidak menjelaskan partai apa yang dimaksud. Yang pasti pada Musyawarah Rakyat di CCC, Sabtu (22/2/2020) kemarin selain ARA, hadir pula Ketua DPD Golkar Sulsel, HAM Nurdin Halid dan Burhanuddin Baso Tika, Ketua DPC PPP Kota Makassar.

Apakah Golkar yang dimaksud oleh Danny? Seperti ARA, saat dikonfirmasi oleh wartawan, Nurdain Halid pun belum menentukan sikap.

“Semua masih diproses oleh DPP. Nanti final kalau sudah ada suratnya,” tegas Nurdin kepada wartawan usai menghadiri Musyawarah Rakyat tersebut.

Nurdin menyebut partainya telah menerima tiga nama yang diusulkan oleh DPD II Golkar Makassar lewat proses penjaringan. Salah satunya ada nama Danny Pomanto.Dua lainnya, Syamsu Rizal, dan Irman Yasin Limpo.

Salah satunya bakal menerima rekomendasi jelang Pilkada Makassar. Nurdin belum bisa memastikan satu dari tiga nama itu.

“Tiga nama itu telah ditetapkan di DPD Golkar Sulsel kemudian diusulkan di DPP. Semuanya masih tetap dalam proses,” katanya.(riel)

Pos terkait

https://infosulsel.com/wp-content/uploads/2020/03/WhatsApp-Image-2020-03-26-at-22.10.45.jpeg