PD Pasar Makassar Jajaki peluang Kerjasama Investor Olah Limbah Organik

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR –— Direktur Utama Perusahaan Daerah (Dirut PD) Pasar Makassar Raya, Basdir mengatakan akan  menjajaki peluang kerjasama dengan salah satu investor dalam hal pengolahan limbah organik sampah pasar.

Hal tersebut dikatakan Basdir di kantornya, Jl. Kerung-kerung, Rabu (12/2/2020). Ia merespon keinginan kerjasama tersebut sesuai yang disampaikan Direktur Perusda Sulsel Taufiq Fachrudin setelah melakukan pertemuan dengan calon investor.

Bacaan Lainnya

“Jika kerjasama ini jadi, kita akan sangat terbantu karena sampah pasar yang ada tidak semua dibawa ke TPA Antang. Sampah pasar nantinya  ditampung di panampungam kemudian diolah, 70% menjadi pupuk cair, 30% menjadi pakan ternak,” terang Basdir.

Rencananya PD Pasar Makassar Raya nantinya  hanya menyediakan lokasi penampungan untuk memobilisasi sampah mesin pengolahannya disiapkan oleh pihak investor.

“Sementara ini kami sementara mengidentifikasi lokasi penampungannya yang sesuai dan yang mudah memobilasasi sampahnya. Karena ini bernilai ekonimis, tentu juga kita akan sharing pendapatan. Karena sampah ini nantinya dijual dalam bentuk pupuk dan pelet. Nanti kita lihat seperti apa skema kerjasamanya,” jelas Basdir.

Untuk itu lanjut Basdir, dalam waktu dekat ini ia akan menemui Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb untuk menyampaikan keinginan kerjasama tersebut.

“Kita akan sampaikan ke Pj Walikota. Sebab  ini butuh persetujuan beliau selaku owner Perusda Makassar. Setelah itu kita bicarakan kembali dengan pihak investor sistem pembagian hasilnya,” katanya.(riel)

Pos terkait