Pendaftar Calon Penerima Kartu Pra Kerja Membludak, Disnaker Makassar Perpanjang Masa Pendaftaran

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Jumlah pendaftar calon penerima kartu pra kerja dampak Covid-19 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, membeludak. Sampai Sabtu (11/4/2020) sudah tercatat 7.059 orang yang mendaftar di kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Makassar untuk mendapatkan Kartu Prakerja.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Makassar, Andi Irwan Bangsawan menjelaskan sudah ada 7.059 karyawan dari 108 perusahaan yang mendaftar akibat terdampak Covid-19.

Muat Lebih

‘’Pendaftara sebenarnya sudah ditutup sejak Kamis (9/4/2020) lalu. Namun tingginya calon penerima pra kerja terpaksa kami perpanjang masa pendaftaran sampai Senin depan,” jelas Andi Irwan saat dikonfirmasi wartawan Sabtu (11/4/2020).

Kartu Prakerja merupakan bantuan dari pemerintah pusat sebagai upaya mengantisipasi adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) selama pandemi Covid-19. Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat kuota 156. 936 kartu prapekerja.

Pendaftaran calon pra kerja tahap pertama ini sudah telah dilaporkan ke DisnakerTrans Provinsi Sulsel. Selanjutnya akan dilanjutkan ke pemerintah pusat sebagai data kartu prakerja.

Disnaker Makassar menunggu hasil verifikasi dari pemerintah pusat. Kemudian akan disampaikan kepada penerima Kartu Pra Kerja yang akan menerima anggaran hingga empat bulan ke depan.

Setiap penerima manfaat peserta akan mendapatkan anggaran pemerintah pusat senilai Rp 3,35 juta.

Dengan rincian, anggaran pelatihan sebesar Rp 1 juta untuk pelatihan online, 600 per bulan selama 4 bulan untuk insentif, dan anggaran survei 3 kali sebesar Rp 50 ribu persurvei.

Penerima Kartu Pra Kerja ini adalah masyarakat yang terdampak covid-19, mereka di PHK atau dirumahkan.

Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah Jumat (10/4/2020) kemarin mengatakan Sulawesi Selatan (Sulsel) mendapat jatah 156. 936 kartu prapekerja.

“Mohon disampaikan kepada saudara, kerabat dan kenalan anda yang membutuhkan,” ujar

Menurut Nurdin, pandemic virus corona yang sedang mewabah berdampak besar terhadap perekonomian dunia, termasuk Indonesia.  Program Kartuprakerja diprioritaskan bagi mereka yang terkena PHK atau dirumahkan dari tempat bekerja.

“Ini merupakan program Pemerintah pusat yang memberikan pelatihan online, insentif uang saku dan di akhir pelatihan akan mendapat sertifikat,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Sulsel Darmawan Bintang mengungkapkan, pendaftaran Kartu Prakerja bisa dilakukan melalui dinas tenaga kerja kabupaten/kota, perwakilan Kementrian Tenaga Kerja di masing-masing kabupaten dan website di laman www.prakerja.go.id.

“Website ini bisa diakses pada 13 April. Jadi untuk sekarang bisa daftar lewat dinas tenaga kerja kabupaten/kota masing-masing,” katanya.

Menurutnya, bagi pendaftar mandiri secara online bisa dengan mengakses langsung ke link yang sudah dibuat pemerintah. Pendaftaran ini dengan mengisi nama perusahaan tempat bekerja, status pekerjaan, posisi jabatan dan permintaan alamat email.

Darmawan mengungkapkan, Program Kartu Prakerja menjadi salah satu upaya Pemerintah pusat melindungi masyarakat terdampak Covid-19. Bagi mereka yang terkena PHK, dirumahkan dan diupah separuh oleh perusahaan.

“Program ini rencananya akan diluncurkan pada akhir Mei. Tetapi karena adanya pandemi virus corona, maka telah diluncurkan Pemerintah pusat untuk memberi kesempatan bagi pekerja mengatasi persoalan biaya hidup mereka,” ujarnya.(riel)

Pos terkait