Pemerintah Resmi Luncurkan Kartu Prakerja, Minat? Begini Caranya

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR — Pemerintah secara remi meluncurkan ‘Kartu Prakerja’ Sabtu (11/4/2020) malam. Dengan demikian, masyarakat yang memenuhi persyaratan bisa langsung melakukan pendaftaran melalui situs prakerja.go.id.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, syarat utama untuk bisa mendapatkan pendidikan ini adalah warga negara Indonesia berusia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.
Selain itu, percepatan peluncuran Kartu Prakerja juga dilakukan untuk membantu agar masyarakat yang dirumahkan atau di PHK serta pelaku UMKM yang terdampak COVID-19 bisa mengikuti program ini.

Muat Lebih

“Tujuan dari Kartu Prakerja yang semula meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kini juga meringankan beban biaya hidup terutama membantu daya beli, terutama kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain Kartu Prakerja juga berfungsi sebagai instrumen untuk memberikan bantuan sosial atau jaring pengaman sosial,” ujar Airlangga saat peluncuran Kartu Prakerja secara virtual.

Pendaftaran Kartu Prakerja dilakukan setiap minggu dengan beberapa tahap. Gelombang pertama akan dilakukan sejak hari ini (11/4/2020) sampai 16 April hingga pukul 16.00 WIB.

“Untuk gelombang pertama ini setidaknya direkrut 164 ribu peserta,” kata Menko.

Untuk pengumuman peserta yang akan diterima pada tahap pertama akan dilakukan pada Jumat (17 April 2020). Setelah diterima maka akan diberikan kode unik untuk membeli pelatihan yang diinginkan di platform digital yang sudah bekerja sama dengan Pemerintah.

“Apabila pendaftaran diterima, kami akan kroscek dengan data di tempat kami. Peserta bisa beri pelatihan yang diinginkan di berbagai toko seperti tokopedia, ruangguru dan pilih mau belajar apa dan platform lain. Pembayaran nanti sesuai fasilitas Kartu Prakerja yakni kode unik 16 angka. Jadi kartu pra kerja bentuknya bukan fisik tapi kartu yang bisa diakses melalui online,” jelasnya.

Namun, apabila belum lolos atau tidak diterima di tahap pertama, maka bisa mencoba di gelombang kedua. Gelombang kedua akan dibuka pada 16 April 2020 di atas pukul 16.00 WIB.

“Tidak perlu mengulang dari awal. Akan ada petunjuk di web. Bagi masyarakat yang alami kesulitan untuk daftar maka manajemen pelaksana kartu prakerja menyediakan layanan masyarakat atau call center di 02125541246. Tiap Senin sampai Jumat 08.00-19.00 WIB. Bisa juga di email di info@prakerja.go.id,” tegasnya.(*/riel)

Pos terkait