Rapid Test Massal akan Dilakukan di 6 Kecamatan

Rapid test atau tes cepat virus corona (Covid-19). (FOTO: ANTARA)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR, — Setelah ribuan pedagang di 18 pasar induk, para ojol, dan juru parkir, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali akan melakukan Rapid Test massal kepada masyarakat. Enam kecamatan di Kota Makassar jadi perhatian yakni Rappocini, Tamalate, Panakukkang, Manggala, Ujung Tanah dan Kepulauan Sangkarrang.

Penjabat Wali Kota Makassar, Prof. Yusran Yusuf menyampaikan hal tersebut saat memimpin rapat evaluasi PSBB di ruang Sipakalebbi, Kantor Balaikota Makassar, Sabtu (16/5/2020).

Bacaan Lainnya

“Kita harus cepat menangani dan mendeteksi siapa-siapa saja yang positif agar tidak meluas dan cepat ditangani,” ujar Yusran saat memimpin rapat evaluasi.

Kecamatan pertama yang akan dilakukan rapid test yakni Kecamatan Kepulauan Sangkarrang. Pasalnya, salah satu pulau di dalamnya yakni Kepulauan Kodingareng telah terdeteksi 10 orang positif dari hasil test Swab.

“Ini urgent dan harus segera dilakukan agar virus tidak menyebar hingga satu pulau,” sambung Kadis Kesehatan Makassar, dr. Naisyah Tun Azikin yang juga hadir dalam rapat tersebut.

Untuk Kepulauan Kodingareng sendiri akan disediakan 2.000 alat test rapid. “Tiap kecamatan akan dilakukan secara bertahap.  Kita liat tingkat urgentnya dulu. Itu yang kita dahulukan,” sebut Naisyah.

Sementara, untuk pelaksanaan shalat Idul Fitri tahun ini akan diputuskan hari senin depan.

“Kita akan panggil para ulama dulu dan kita memutuskan secara matang. Kalau memang jadi shalat idul fitri kemungkinan besar akan dilaksanakan di lapangan saja. Kita tunggu info fixnya hari senin,” ujar Prof Yusran. (riel)

Pos terkait