Anak Buruh Bangunan Raih Beasiswa S2 Unibos

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Universitas Bosowa (Unibos) Makassar mewisuda 271 mahasiswa secara online, Kamis (27/8/2020).  Pelaksanaan wisuda online dibagi dalam dua sesi.

Hari ini, Kamis (27/8/2020) berjumlah 168 peserta dan akan dilanjutkan besok, Jumat (28/8/2020) sebanyak 103 peserta.

Bacaan Lainnya

Dalam wisuda online hari ini, nama Syahrul Gunawan dari jurusan Ilmu Hukum keluar sebagai wisudawan terbaik di tingkat Fakultas dan Universitas dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) 3,99.

Alumni muda kelahiran Makassar 1998 ini sukses menyelesaikan studinya dalam jangka waktu tiga tahun enam bulan lulus dengan nilai yang sangat memuaskan.

Dari keterangan Syahrul, ia tidak menyangka bisa keluar sebagai wisudawan terbaik. Sebab, pemuda 22 tahun itu sempat merasa pesimis dapat melanjutkan pendidikannya lantaran keterbatasan biaya.

“Saya dulu pesimis bisa kuliah. Soalnya bapak saya cuma buruh bangunan. Ibu saya juga cuma IRT. Tapi untung di Unibos ini ada beasiswa Bidik Misi. Akhirnya saya bisa kuliah lewat beasiswa itu,” ucap Syahrul kepada INFOSULSEL.COM, Kamis (27/8/2020).

Sebagai anak pertama dari lima (5) bersaudara ini bertutur, kunci keberhasilan yang peroleh tidak lepas dari ketekunan dan sikap ulet yang terus ia pegang. Selain di ruang kuliah, ia juga turut berperan aktif dalam lembaga kemahasiswaan, baik di internal dan eksternal kampus.

Kata Syahrul, semua hal yang ia dapatkan dari organisasi merupakan penunjang dan stimulus dalam mempermudah proses penyelesaian studinya di Unibos.

“Yang jelas saya selalu ingat orang tua. Saya merasa ada tanggung jawab, dan itu yang mendorong saya terus berusaha menjadi yang terbaik,” tukas Syahrul lirih.

Sementara itu, setelah menyelesaikan studi Strata 1 (S1) di jurusan Ilmu Hukum Unibos lewat beasiswa Bidikmisi, Syahrul kemudian akan melanjutkan studinya di strata 2 (S2) di Unibos dan mengambil spesialis Hukum Perdata, juga melalui beasiswa.

Hal ini turut dibenarkan oleh rektor Unibos, Prof. Dr. Saleh Pallu, M.Eng, saat ditemui sejumlah awak media di Gedung Lestari 45, pasca menghadiri kegiatan wisuda online.

“Jadi yang dapat predikat terbaik satu sampai tiga, itu kita beri beasiswa lagi di Unibos untuk lanjut studi S2 nya,” ungkap dia.

Lebih lanjut Saleh mengatakan, pihak kampus juga akan memberikan apresiasi berupa pemberian subsidi kebutuhan mereka selama menempuh pendidikan di Unibos.

“Ya kita kasih juga apresiasi. Anggap saja pegganti uang bensin dan akomodasinya,” tutup Saleh. (andi)

Prosesi pembacaan wisudawan dan wisudawati terbaik Strata satu (S1) tingkat Universitas. (Foto Suhandi)

Pos terkait