Dosen Unibos Lakukan Pendampingan Petani Rumput Laut Jenis Gracilaria

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Program Pengabdian Masyarakat (PSM) oleh Tim Dosen Universitas Bosowa (Unibos) melakukan pendampingan petani rumput paut jenis gracilaria (sango-sango) di Desa Lengkese, Kecamatan Mangarabombang, Kabupaten Takalar.

Pelaksanaan PKM kali ini dimotori oleh Ketua Tim Dr. Mas’ud Muhammadiah, M.Si dengan koleganya Dr. Chahyono, SE, M. Si dan Ir. Rahmadi Jasmin, MP, Musawwir, S.Psi, M.Pd.

Bacaan Lainnya

Dr. Mas’ud Muhammadiah, M.Si menjelaskan, selain memberikan bantuan bibit, orientasi pelaksanaan kegiatan tersebut juga sebagai corong dan amunisi baru untuk petani rumput laut dalam mengembangkan kualitasnya.

“Sekiranya ini bisa memberikan penguatan kelembagaan dalam suatu kelompok tani rumput laut. Sehingga, terjalin kerjasama dan membina kebersamaan dalam satu kelompok dengan membentuk kelompok tani rumput laut dusun Tamaona,” ujar Mas’ud, Selasa (27/10/2020).

“Selain itu juga dilakukan untuk meningkat kuantitas dan kualitas rumput laut dengan memberikan bantuan bibit dan pupuk dan mengefektifkan dan mengefisienkan biaya panen, dan meningkatkan kualitas rumput laut dengan memberikan bantuan terpal, rang, dan perahu gabus,” sambungnya lugas.

Selain memberikan pelatihan juga tim PKM ini membentuk kelompok tani rumput laut, memberikan bantuan perahu gabus sebanyak 6 unit serta pupuk cair.

Kepala Desa Lengkese, Muh. Muis, Amd mengatakan, beberapa tanggapannya terkait pelaksanaan kegiatan ini.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih dengan adanya program yang dilakukan oleh bapak-bapak dosen dan mahasiswa Universitas Bosowa  yang memberikan kepedulian bagi potensi desa kami khususnya untuk usaha rumput laut jenis gracilaria (sango-sango) yang merupakan salah satu komoditas andalan kami,” ungkap Muis.

“Kami selaku pemerintah dan masyarakat merasa terbantu untuk mengatasi permasalahan desa kami, sehingga kami sangat mengapresiasi kegiatan bapak-bapak dosen Universitas Bosowa,” tambahnya.

“Saya berharap kiranya kerjasama dengan Universitas Bosowa dapat lebih ditingkatkan misalnya menjadikan desa kami menjadi desa binaan, kiranya kedepan Universitas bosowa dapat membina masyarakat. Dengan adanya pendampingan ini saya 100% mendukung kegiatan ini,” kunci Muis. (andi)

Tim PKM Unibos bersama Petani Rumput Laut meninjau lokasi pertanian rumput laut di Desa Lengkese. (IST)

Pos terkait