Dewan Minta DLH dan Kecamatan Bersinergi Kaji Kenaikan Iuran Sampah

  • Whatsapp
Hasanuddin Leo anggota Fraksi PAN DPRD Kota Makassar.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Kisruh kenaikan iuran sampah yang sebelumnya sempat naik di Kecamatan Manggala, menimbulkan kegaduhan di tengah masyarakat. DPRD Kota Makassar meminta DLH dan Kecamatan bersinergi dalam mengkaji jumlah iuran persampahan di kecamatan.

Anggota Komisi B Bidang Ekonomi dan Keuangan DPRD Kota Makassar Hasanuddin Leo menegaskan, meski kewenangan dalam menentukan besaran iuran adalah pihak kecamatan, namun sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu agar masyarakat tidak terbebani.

Muat Lebih

“Itukan ada kalkulasinya. Makanya kita minta ada komunikasi dengan DLH, ini kecamatan pakai tidak, kalkulasinya. Jangan sampai seenaknya kasi naik,” jelasnya Leo saat dihubungi, Kamis (18/2/2021).

Legislator fraksi PAN ini menekankan, kebijakan tersebut harus memperhatikan tingkat sosial, jumlah produksi dan letak geografis rumah, terlepas dari jumlah yang ditetapkan perda yaitu sebesar Rp16.000.

Tak hanya itu, pihak kecamatan juga diminta lebih transparan dalam hal kalkulasi kenaikan tersebut, sehingga tidak menyebabkan kisruh di masyarakat.

Lebih jauh Leo mengatakan kisruh iuran sampah kerap terjadi dan bukan lagi persoalan baru akibat minimnya transparansi kecamatan. Jumlah setoran yang tidak jelas membuat pihaknya memutuskan untuk melakukan pengalihan tanggung jawab penarikan retribusi ke DLH.

“Kita juga sementara rancang regulasinya tahun ini, itu kalo sudah masuk prolegda, kita akan alihkan tanggung jawab itu ke DLH saja sehingga nda ada lagi persoalan seperti ini,” tandas legislator tiga periode ini.

Sebelumnya, kenaikan iuran sampah sempat dilaporkan terjadi di Kecamatan Manggala, naik mencapai Rp24.000 per rumah dari sebelumnya hanya Rp16.000.

Hanya saja pihak kecamatan tidak ingin sesumbar, dia mengaku kenaikan tersebut tak sepenuhnya ditetapkan oleh kecamatan melainkan oleh Bapenda dan BPKAD.

“Tabe tanyaki juga bapenda dan BPKAD bos (terkait kenaikan iuran tersebut,)” ucap Camat Manggala, Anshar Umar. (andi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan