ARA Sosialisasi Perda Penataan dan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau

  • Whatsapp

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Wakil Ketua DPRD Makassar, Adi Rasyid Ali menggelar sosialiasi Peraturan Daerah (Perda) No 3 Tahun 2014 tentang Penataan dan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Hotel Grand Maleo, jalan Pelita Raya, Kota Makassar, Ahad (19/9/2021).

Dalam sosialisasi tersebut, laki-laki yang karib disapa ARA ini menjelaskan, kehadiran ruang terbuka hijau Kota Makassar sangat penting dalam mendorong kualitas udara perkotaan, agar nyaman, sejuk dan layak bagi masyarakat.

Bacaan Lainnya

Menurutnya cakupan RTH Kota Makassar masih tergolong rendah, yaitu berkisar 7,48%. Padahal, sesuai UU 26 Tahun 2007 tentang Penataan Ruang, luasan RTH tiap kota harus mencapai 30%. 20% RTH milik pemkot, sementara 10% milik privat.

“Ini penting, sebab Perda ini sesungguhnya kalau kita berbicara kota dunia, kota sehat, kota sejuk kuncinya ada RTH,” ujarnya.

“Peran pemerintah dan masyarakat harus mampu menghadirkan RTH tersebut lewat program-program pro RTH. Hal ini menjadi tantangan pemerintah kota Makassar, di tengah meningkatnya pembangunan namun tidak menyepelekan aspek ekologisnya,” tambahnya.

Di kesempatan yang sama, Direktur Pascasarjana Universitas Bosowa, Prof. DR. Ir. Batara Surya, ST.,MT, yang juga menjadi pemateri sosialisi itu menilai, ketersediaan RTH cukup memprihatinkan.

“Karena RTH adalah tempat berinteraksi sebagaimana yang disebutkan undang-undang (UU), maka seyogyanya RTH di kota Makassar harus terpenuhi 30 persen. 20 persen publik dan 10 persen privat,” ujarnya.

“Salah satu caranya adalah dengan menyiapkan minimal 2 pohon untuk setiap rumah pemerintah, rumah pengusaha serta termasuk anggota DPRD,” jelasnya. (andi)

Pos terkait