Idrus Marham: Setya Novanto Mangkir Atas Saran Pengacara

  • Whatsapp
Sekjen Partai Golkar Idrus Marham.(FOTO : ARIL)

INFOSULSEL.COM,JAKARTA– Sekjen Partai Golkar Idrus Marham mengaku yakin Setya Novanto akan bersikap kooperatif memenuhi panggilan KPK. 

Menurut Idrus, selama ini Novanto tidak memenuhi panggilan KPK karena ada perbedaan pandangan soal perlu tidaknya izin presiden.

“Atas perbedaan itu, kata penasihat hukum maka disarankan Pak Novanto tidak penuhi panggilan KPK,” ungkap Idrus di Mabes Polri, Jakarta, seperti dikutip kumparan.com, Kamis (16/11/2017).

Idrus mengaku penjelasan tersebut disampaikan oleh pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi, saat ia mengunjungi kantor Novanto di DPR pada Rabu (15/11) sekitar pukul 2 siang. Saat itu, Idrus mengaku menanyakan alasan ketidakhadiran Setya Novanto dalam panggilan KPK.

“Kemudian penasihat hukum mengatakan, hak memang tidak hadir. Kenapa? Karena Pak Novanto sedang mengajukan judicial review terkait dengan perlu tidaknya izin anggota DPR kepada presiden bila dipanggil,” jelasnya.

Idrus menganggap masalah alasan mangkirnya Novanto dari panggilan KPK kini cukup jelas. Ia berharap, agar masalah tersebut bisa diselesaikan tanpa menambah kegaduhan.

“Dan kita punya keyakinan Pak Novanto akan tetap konsisten, kooperatif, terhadap proses-proses yang ada. Dan tentu nanti Pak Novanto dengan penuh kebesaran jiwa akan datang memenuhi panggilan KPK baik sebagai tersangka maupun sebagai saksi terhadap beberapa orang yang tersangka,” tambah Idrus.

Setya Novanto beberapa kali mangkir saat mendapatkan panggilan dari KPK baik sebagai saksi maupun tersangka. Dan saat penyidik KPK akan menjemput paksa pada Rabu (15/11) malam, Setnov  tiba-tiba menghilang. Hingga saat ini tak ada yang mengetahui keberadaannya, baik istri, sesama politikus Golkar, hingga pengacaranya.

 

Penulis : Aril

Pos terkait