Pertina Kota Makassar Akan Gelar Kejuaraan Tinju Walikota Cup II 2018

  • Whatsapp
Ketua Pertina Sulsel dan Ketua Pertina Makassar, Adi Rasyid Ali dan M Tawing.(FOTO: SRI SYAHRIL)

INFOSULSEL.COM, MAKASSAR – Sukses menggelar Tinju Lorong 2017 lalu, Persatuan Tinju Amatir (Pertina) Kota Makassar kembali akan menggelar Kejuaraan Tinju Amatir Walikota Cup II Tahun 2018.

Kejuaraan bersifat open turnamen ini akan berlangsung di Anjungan Pantai Losari pada  15-20 Desember 2018.  Berbeda dengan kejuaran yang dilaksanakan tahun lalu.  Kejuaraan kali ini berskala regional. Ratusan peserta dari sembilan provinsi akan uji kemampuan di atas ring.

Bacaan Lainnya
Ketua Pengprov Pertina Sulsel Adi Rasyid Ali didampingi petinju legendaris Indonesia Elyas Pical dan Ketua Pertina Makassar M Tawing menyerahkan piala bergilir Kejuaraan tinju Lorong Walikota Cup I 2018 kepada wakil Kecamatan Biringkanayya yang keluar sebagai juara umum.(FOTO: SRI SYAHRIL)
’Selain petinju-petinju dari Makassar dan sejumlah kabupaten/kota di Sulsel, kami juga mengundang petinju dari delapan provinsi di Indonesia. Masing-masing peserta dari seluruh provinsi di pulau Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat,” jelas Ketua Pertina Kota Makassar yang juga bertindak sebagai Ketua Panitia pelaksana Kejuaraan Tinju Amatir Walikota Cup II 2018, M Tawing kepada INFOSULSEL.COM,  Sabtu di Sekretariat Pertina Sulsel, Jl. Racing Centre II No 4 Makassar (17/11/2018).

Kejuaraan ini, lanjut Tawing, merupakan kalender tahunan Pertina Kota Makassar.  Ada 14 kelas putra dan 14 kelas putri kategori youth yang akan dipertadingkan.

‘’Kami ingin mencari bibit-bibit  muda petinju di kota Makassar,  khususnya dan Sulsel pada umumnya. Event ini juga akan dijadikan sebagai wadah untuk menyeleksi petinju terbaik menghadapi Pra PON  yang direncakana akan berlangsung pada 2019 dan persiapan PON XX 2020 di Papua,” ungkap Tawing.

Ia menyebut hasil Kejuaraan Tinju Lorong 2017 yang diinisiasi Ketua Pertina Sulsel, Adi Rasyid Ali, cukup berhasil. Dari tujuh petinju  yang mewakili kota Makassar di Porda,  hanya satu yang tidak menyumbang medali.

“Sejumlah petinju muda berbakat lahir dari event ini.  Enam dari tujuh petinju Kota Makassar mampu meraih tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu di Porda XVI Pinrang. Prestasi ini jauh lebih baik dari perolehan medali pada Porda Bantaeng 2014 yang hanya meraih 1 emas dan 2 perunggu,” ujar Tawing.
Duel Indra dan Blasius pada Kejuaran Tinnju Lorong 2017 menjadi salah satu partai menarik di kejuaraan ini.(FOTO: SRI SYAHRIL)

Peningkatan cabang olahraga tinju di Sulsel di bawah kepemimpinan Adi Rasyid Ali dan Makassar yang dinakhodai M Tawing satu tahun terakkhir ini cukup maju. Sejumlah sasana mulai bermunculan. Jumlah atlet pun makin banyak.

‘’Bahkan sejumlah Pengurus Pertina di Kabupaten/Kota di Sulsel sudah mengagendakan kejuaraan.  Awal November lalu, Pertina Gowa yang baru dilantik langsung menggelar kejuaraan selama tiga hari,’’ jelas Adi Rasyid Ali.

Setelah Gowa, Pertina Parepare,  Toraja Utara, Luwu Timur dan Takalar dan Jeneponto juga akan akan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda).

 

Penulis : Asri Syahril

Pos terkait